icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Ini Kiat Khusus Dalam Memilih Jurusan Bahasa Inggris
Siker.id | 14 Jan 2022 15:30


Bagikan ke
Kiat khusus dalam memilih jurusan bahasa inggris. (siker)

siker.id - Memilih jurusan di era sekarang akan terasa lebih sulit dibandingkan dahulu, karena saat ini sudah banyak jurusan segala bidang sehingga membuat calon mahasiswa merasa bingung menentukan jurusan. Namun untuk calon mahasiswa yang menyukai dunia bahasa asing, maka ada jurusan yang sepertinya akan cocok yakni jurusan pendidikan bahasa inggris. Berikut ini kiat khusus bila memilih jurusan Bahasa inggris:

Baca juga: Jurusan Teknik Lingkungan? Wajib Simak Prospek Kerja Ini

1. Punya Niat Yang Kuat

Bahasa itu belajarnya dari latihan yang konsisten. Harus berani latihan dengan praktik langsung apapun yang terjadi. Dan ini akan butuh niat yang sangat kuat. Kalau setengah-setengah, mending pikir pikir ulang dulu sebelum masuk jurusan Bahasa Inggris.

2. Harus Kuat Mental

Masih terkait dengan niat yang kuat. Salah satu kunci keberhasilan belajar di jurusan ini adalah latihan. Dan ketika Anda akan latihan menerapkan bahasa inggrismu, lingkunganmu masih cenderung akan menganggapmu sombong dan sok-sok’an karena pakai bahasa inggris.

3. Prospek kerja

Setiap jurusan punya prospek yang berbeda-beda ya. Jadi, cari tau juga, biar Anda udah bisa prepare harus kenal sama siapa, menyusun target setelah lulus mau kemana, dan lain-lain. Kalau di jurusan bahasa inggris, Anda bisa jadi pengajar, editor, penulis, sastrawan, penerjemah, ahli bahasa, staf diplomatik, dan lainnya.

Baca juga: Apa Saja Peluang Kerja Lulusan Sastra Perancis?

4. Bahasa Inggris Dipakai Dimana Saja

Seperti yang diketahui semua orang, bahasa inggris merupakan bahasa internasional. Buktinya, aplikasi penggunaan bahasa inggris ditemukan dimana saja, mulai dari smartphone, aplikasi, bahasa software, sampai internet semuanya menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar. Sehingga dengan memilih jurusan pendidikan bahasa inggris, maka mahasiswa manapun tidak akan mengalami kesulitan ketika berkomunikasi dengan orang lain khususnya orang yang berbahasa asing semenjak bahasa inggris sudah menjadi bahasa natural kedua.

5. Membuat Kursus Bahasa Inggris Sendiri

Selain menjadi penerjemah part time, mahasiswa juga berkesempatan untuk membuka tempat kursus bahasa inggris sendiri karena ilmu yang dipelajari di jurusan pendidikan bahasa inggris sudah cukup untuk menjadikan diri mahasiswa sebagai pengajar bahasa inggris non formal. Bahkan jika ada perkembangan bahwa pengikut kursus bahasa inggrisnya semakin meningkat, maka menjadi pengajar kursus bahasa inggris bisa dijadikan sebagai prospek kerja utama setelah lulus kuliah.

Sekian artikel tentang kiat khusus memilih jurusan Bahasa inggris. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Apa Saja Prospek Kerja Lulusan Sastra Belanda?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar