icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut ini 5 Tugas Seorang HRD Profesional
Siker.id | 14 Jan 2022 13:15


Bagikan ke
tugas seorang HRD profesional. (siker)

siker.id - Apa tugas dan tanggung jawab human resources department (HRD)? Human resources merupakan salah satu posisi yang penting untuk berada di sebuah Perusahaan. Singkatnya, posisi ini berfungsi untuk mencari karyawan terbaik, dan memastikan karyawan yang ada nyaman di Perusahaan tersebut dan bisa memberikan kontribusi maksimalnya. HRD tidak berhubungan langsung dengan profit Perusahaan. Namun, HRD bertanggung jawab penuh terhadap karyawan yang memiliki tanggung jawab dan peran dalam memastikan sebuah Perusahaan bisa berjalan baik dan meraih tujuan yang diinginkan. Berikut ini beberapa tugas dari seorang hrd professional.

Baca juga: Berikut Skill Yang Harus Dimiliki Seorang HRD

1. Perencanaan

Divisi HR memiliki banyak sekali fokus kerja. Maka itu, penting sekali untuk menyusun perencanaan sebelum menjalankan inisiatif-inisiatif. Apalagi inisiatif dari divisi HR kerap memakan banyak resource, sehingga manajer HR perlu menyusun perencanaan yang logis. Salah satunya, kita sering dengar tentang perencanaan tenaga kerja. Perencanaan tenaga kerja adalah sebuah proses dalam memperkirakan atau merencanakan kebutuhan tenaga kerja di sebuah perusahaan. Tidak hanya untuk karyawan baru, tapi juga untuk menyiapkan SDM berkompeten yang bisa menduduki jabatan pemimpin.

2. Rekrutmen dan Seleksi

Mungkin banyak dari Anda yang masih memiliki pandangan bahwa tugas HR hanya merekrut saja. Tetapi bahkan pekerjaan merekrut bukanlah hal mudah, dan membutuhkan keterampilan luar biasa seperti komunikasi bahkan marketing. Keterampilan ini akan memengaruhi kualitas rekrutmen. Tentu saja tugas pertama HRD adalah mengumpulkan karyawan berpotensi. Pekerjaan ini dimulai dari melakukan pencarian kandidat, proses interview dan asesmen, hingga onboarding.

3. Training dan Development

Setelah merekrut SDM yang memiliki potensi, agar karyawan dapat memberikan kemampuan terbaiknya untuk memberikan kontribusi maksimal, HRD harus mendukung penuh program pendidikan dan pengembangan (dikenal juga dengan istilah L&D) untuk karyawan. Mengapa kita perlu fokus pada pendidikan karyawan? Intinya bukan sekadar “mengembangkan karyawan”. Perusahaan membutuhkan orang-orang yang dapat mengeluarkan hasil yang baik di lingkungan yang cepat berubah agar perusahaan dapat bertahan. Tergantung dari kondisi dan kebutuhan, program L&D bisa diselenggarakan secara mandiri maupun menggunakan jasa dari luar.

Baca juga: Inilah Contoh Surat Peringatan SP1, HRD Harus Tahu!

4. Administrasi Personalia

Administrasi personalia adalah fungsi yang mendukung terlaksananya fungsi HR yang lain. Secara umum fungsi ini bertanggung jawab terhadap database karyawan, payroll dan pembayaran benefit lainnya, manajemen pinjaman karyawan, manajemen absensi, pencatatan cuti tahunan, hingga sistem kontrak kerja.

5. Penilaian Kinerja

Penilaian kinerja bagi Perusahaan adalah momen dimana Perusahaan menilai kinerja karyawan sekaligus melakukan refleksi terhadap program pelatihan dan pengembangan yang disediakan untuk karyawan. Sedangkan, bagi karyawan salah satunya dapat mengetahui kelebihan dan kelemahannya serta memperbaiki kelemahan dan meningkatkan kelebihan.

Sekian artikel tentang tugas seorang hrd profesional. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Jadi Staff HRD? Wajib Kuasai Ini


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

TAG :

Komentar