icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Apa Saja Alasan Memilih Jurusan Psikologi?
Siker.id | 14 Jan 2022 13:00


Bagikan ke
Alasan memilih jurusan psikologi. (siker)

siker.id - Apakah Anda tertarik untuk berkuliah di jurusan psikologi? Jika iya, apa alasan memilih jurusan psikologi untukmu? Tentunya semua orang mempunyai alasannya tersendiri. Namun, ada juga orang yang beranggapan bahwa jurusan psikolog tidak akan mendapat penghasilan banyak. Tidak jarang juga banyak yang menganggap remeh jurusan psikolog. Padahal prospek kerja lulusan psikologi cukup bagus. Selain itu, lulusan psikologi sangat dibutuhkan di berbagai bidang. Bagi kamu yang penasaran dengan dunia psikolog, berikut beberapa alasan kenapa kamu harus kuliah di jurusan ini.

Baca juga: Simak ! Prospek Kerja Psikologi Klinis

Jurusan favorit banyak mahasiswa

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, jurusan psikologi ini memang menjadi jurusan yang digemari oleh banyak orang selain jurusan kedokteran. Hal ini pun bisa Anda buktikan dengan banyaknya kuota pendaftar yang ingin menjadi salah satu mahasiswa di bidang studi yang satu ini. Untuk Anda yang bingung memilih jurusan mana, jurusan ini sangat recommended.

Membantu kehidupan masyarakat

Masih ada loh alasan kuliah jurusan psikologi ini yang wajib Anda ketahui yakni Anda bisa membantu untuk mengubah kehidupan masyarakat. Hal ini bukan tanpa alasan karena jika Anda sudah lulus, maka bisa menjadi seorang konselor dimana mempunyai tingkat pertemuan dengan orang lain lebih sering. Mereka biasanya memang datang dengan berbagai macam keluhan kepadamu. Disinilah, peranmu sangat dibutuhkan untuk membantu mereka di dalam menyelesaikan setiap masalah mereka.

Belajar mengolah data

Tidak sampai disitu saja, dengan mempelajari ilmu ini maka kamu biasanya juga akan mempelajari bagaimana metode penelitian dan statistik. Membantu Anda mempelajari bagaimana cara merekam, mengatur, melakukan analis dan menafsirkan data. Tidak hanya sampai disitu saja, Anda pun juga akan mempelajari bagaimana mengumpulkan, mempresentasikan hingga mengatur data. Tentunya ini juga akan mempengaruhi keterampilan karir yang Anda miliki.

Baca juga: Bagaimana Prospek Kerja Bagi Lulusan Psikologi?

Prospek Karier yang Luas

Alasan lain kenapa Anda harus memilih jurusan psikologi saat kuliah karena prospek kariernya luas. Beberapa orang pastinya menganggap bahwa lulusan psikolog akan bekerja sebagai karyawan di bagian sumber daya manusia. Nyatanya, tidak sesempit itu lapangan pekerjaannya. Karena Anda bisa menjadi seorang psikolog, menjadi guru, dosen psikologi, market research, dan lain sebagainya. Bahkan, Anda juga bisa dengan bebas menentukan tempat kerja yang Anda inginkan.

Mendapatkan Pengetahuan yang Aplikatif

Bisa dibilang, ilmu psikologi adalah ilmu pengetahuan yang aplikatif dan terus mengikuti perkembangan zaman. Mempelajari psikologi sangat berguna untuk masa depan dan kariermu. Hal ini karena Anda bisa langsung menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, saat Anda harus menghadapi adik yang sulit diajak berbicara. Anda bisa tahu bagaimana cara membuat adikmu terbuka kepadamu. Atau Anda bisa memperhatikan lingkungan sekitar. Bantulah masalah seseorang yang Anda temui dengan memberikan solusi yang tepat.

Sekian artikel tentang alasan memilih jurusan psikologi. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Agar Lolos Dengan Mudah, Yuk Pelajari 7 Macam Tes Psikologi


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

Komentar