Berikut Kupas Tuntas Kinerja Pendidik Bahasa Inggris
Siker.id | 14 Jan 2022 08:15


Bagikan ke
Kupas tuntas kinerja pendidik bahasa inggris. (siker)

siker.id - Pada kesempatan ini, penulis ingin membagikan artikel tentang hasil kinerja pendidik Bahasa Inggris di Era Pandemic. Sesuai yang kita ketahui bahwa saat ini Indonesia dan Dunia telah terjadi penambahan kasus Covid-19 yang semakin meningkat. Oleh karena itu kita harus memahami terlebih dahulu apa itu hasil kinerja pendidik. Hasil kinerja pendidik adalah kegiatan yang dilakukan oleh setiap individu dalam kaitannya dengan pencapaian tujuan yang telah ditetapkan. Kinerja pendidik tidak hanya ditunjukkan oleh hasil kerja akan tetapi juga ditunjukkan oleh perilaku dalam bekerja, mulai dari perencanaan pembelajaran, dalam pelaksanaan pembelajaran dikelas dan proses evaluasi atau penilaian hasil belajar siswa. Oleh sebab itu, keberhasilan sekolah tidak dapat terlepas dari peran pendidik sebagai tenaga pendidik dalam menghasilkan lulusan yang mampu menghadapi persaingan hidup yang semakin ketat. Kualitas kinerja dipengaruhi oleh beberapa faktor yang amat komplek dan menunjukkan apakah pembinaan dan pengembangan profesional dalam satu pekerjaan berhasil atau tidak. Maka pendidik di Era Pandemic ini dituntut untuk memiliki berbagai kompetensi dalam proses belajar mengajar untuk mencapai kinerja yang baik. Kinerja pendidik tidak terwujud dengan begitu saja, tetapi dipengaruhi oleh faktor-faktor tertentu diantaranya:

Baca juga: Berikut Tips Membuat Surat Lamaran Dalam Bahasa Inggris

Kepribadian dan Ketrampilan Mengajar

Pendidik yang berkepribadian akan loyal terhadap berbagai berbagai hal yang sudah menjadi kewajiban dan tanggung jawabnya. Alhasil pendidikakan memiliki kemauan untuk giat dalam bekerja. Pendidik selalu menyadari bahwa harus menunjukkan kinerja yang dapat memuaskan peserta didiknya, wali peserta didik, dan masyarakat. Adapun ketrampilan dalam mengajar diantaranya adalah ketrampilan menjelaskan (explaning skill), ketrampilan membuka dan menutup pelajaran (set introduction and closing learning), ketrampilan membimbing diskusi, dan ketrampilan mengelola kelas. Penguasan keterampilan mengajar yang dimiliki oleh seorang pendidik pada gilirannya akan meningkatkan kinerjanya pula. Dengan keterampilan mengajar yang baik maka akan meningkatkan kualitas pendidikan, sehingga tujuan pendidikan akan tercapai dengan baik.

Kedisiplinan

Disiplin merupakan ketaatan dan kepatuhan pada peraturan dan tata tertib. Sementara kedisiplinan yaitu perbuatan yang dilakukan oleh seseorang untuk mentaati dan mematuhi suatu aturan yang berlaku dimana ia berada. Kedisiplinan sangat penting dijalankan, termasuk di sekolah. Kedisiplinan pendidik yang tinggi akan mampu meningkatkan kinerjanya. Hal itu dikarenakan dengan kedisiplinan tersebut pendidikakan memiliki kemampuan dalam mencermati aturan-aturan dan langkahlangkah strategi yang harus dilakukan dalam melaksanakan kegiatan pendidikan dan pengajaran.

Baca juga: Apa Saja Peluang Kerja Bagi Lulusan Bahasa Inggris?

Pemahaman dan Kemampuan dalam bekerja

Pemahaman dan kemampuan mengajar adalah kemampuan esensial yang harus dimilki oleh pendidik, tidak lain karena tugas yang paling utama adalah mengajar. Dalam proses pembelajaran, pendidik menghadapi siswasiswa yang dinamis, baik sebagai akibat dari dinamika internal yang berasal dari dalam diri siswa maupun sebagai akibat tuntutan dinamika lingkungan yang sedikit banyak berpengaruh terhadap siswa. Oleh karena itu, kemampuan mengajar harus dinamis juga sebagai tuntutan-tuntutan siswa yang tak terelakkan. Kemampuan mengajar pendidik sebenarnya merupakan pencerminan pendidik atas kompetensinya.

Demikain artikel tentang kupas tuntas kinerja pendidik Bahasa Inggris. Apabila Anda menyukai artikel ini, maka anda bisa bagikan kepada banyak orang terutama para pendidik. Jika Ada kritik dan saran bisa menuliskan di kolom komentar. Terimakasih

Baca juga: Berikut Jurusan Favorit Bagi Siswa Lulusan Bahasa


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar