Apa Ciri Perusahaan yang Peduli Kesejahteraan Karyawannya?
Siker.id | 14 Jan 2022 08:00


Bagikan ke
Perusahaan yang peduli kesejahteraan karyawan. (siker)

siker.id - Memang benar bahwa di tengah ketatnya persaingan dalam dunia kerja, bisa mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang layak saja merupakan suatu hal yang patut disyukuri. Tapi selain dari itu sebenarnya tingkat menjanjikannya suatu perusahaan juga patut dipertimbangkan, lho. Dibanding perusahaan yang hanya memberikanmu pekerjaan dan gaji, akan lebih baik jika Anda bekerja di perusahaan yang menyejahterakan karyawan. Gak hanya memberi gaji, namun juga menjamin jenjang karir yang jelas bagi karyawan. Berikut ciri perusahaan yang memperhatikan kesejahteraan karyawannnya.

Baca juga: Apa Saja Kewajiban Karyawan Kepada Perusahaan?

1. Memberi Kebebasan Setiap Divisi Mengatur Kerja

Memberi kebebasan kepada setiap divisi untuk mengatur sendiri cara kerja, berikut waktu kerja yang sama-sama disepakati. Misalnya divisi marketing memiliki satu hari dalam seminggu untuk bekerja secara remote. Atau tim kreatif bebas menentukan sendiri jam berapa masuk kantor yang penting mencukupi 8 jam dalam satu hari.

2. Adanya Fleksibilitas Jam Kerja

Fleksibilitas dalam aturan kerja mungkin tidak dikenal dalam lingkup korporasi namun jaman sudah berubah dan sudah sepatutnya perusahaan tidak sekaku dulu. Justru kemudahan-kemudahan seperti inilah yang akan meningkatkan produktifitas serta loyalitas pegawai.

3. Memanfaatkan Cuti Tahunan

Selain ijin darurat, perusahaan juga harus mendorong pegawai agar menggunakan jatah cuti tahunannya untuk bepergian. Memang kondisi keuangan setiap orang tidak sama, namun perusahaan juga bisa berperan misalnya bekerja sama tour and travel yang menyediakan paket liburan hemat untuk karyawan. Ini tentu menjadi solusi yang sama-sama menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Baca juga: Berikut Kewajiban Perusahaan Pada Karyawan

4. Kenaikan Gaji Setiap Tahun

Ciri perusahaan berikutnya ialah jika di sana diterapkan kenaikan gaji setiap tahunnya, terutama jika ada yang berprestasi. Hal ini menandakan bahwa perusahaan menaruh perhatian lebih pada pekerjanya. Dengan biaya hidup yang semakin naik, kenaikan gaji tentu perlu untuk menjamin kehidupan karyawan. Apalagi kalau ada kenaikan signifikan pada orang yang mencetak pencapaian besar dan kemajuan dalam bekerja. Sehingga kerja keras yang dilakukan pun rasanya tidak sia-sia.

5. Kebutuhan Karyawan Selama Bekerja Terpenuhi dengan Lengkap

Ciri terakhir ialah jika semua kebutuhan selama bekerja dipenuhi tanpa pilih kasih. Dengan kata lain semua pegawai mendapat hak yang sama, baik dari segi kenyamanan, transportasi hingga makanan selama di kantor. Karena sebagian besar waktu orang yang bekerja habis di kantor, sehingga menjadi tanggung jawab perusahaan untuk membuat setiap karyawan merasa nyaman selama bekerja.

Sekian artikel tentang ciri perusahaan yang memperhatikan kesejahteraan karyawan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tanda Perusahaan Punya Budaya Kerja Buruk


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar