Apa Dampak Negatif Kuliah Sambil Kerja?
Siker.id | 13 Jan 2022 23:45


Bagikan ke
Dampak negatif kuliah sambil kerja. (siker)

siker.id - Saat kita memiliki waktu luang kala berkuliah, mungkin akan terlintas dalam pikiran kita untuk menambah uang saku atau pengalaman kita mendapatkannya dengan bekerja paruh waktu. Memang hal-hal tersebut akan kita dapatkan walaupun tidak seberapa. Tetapi, apakah Anda tahu dampak negatif jika kita bekerja saat kita masih berkuliah? Dampak yang paling terlihat adalah waktu istirahatmu yang berkurang. Berikut ini dampak lain yang dirasakan saat Anda bekerja sambal kuliah.

Baca juga: Berikut Alasan Harus Cari Pengalaman Kerja Sejak Kuliah?

1. Kelelahan secara fisik

Setiap orang mempunyai kondisi fisik dan mental yang berbeda dalam dirinya, ada yang kondisi fisiknya sehat dan kuat beraktivitas sepanjang hari, ada juga yang yang baru beraktifitas sedikit saja sudah capek dan lemah. Menurut ahli kesehatan dan sudut pandang ergonomi bahwa setiap beban kerja yang diterima seseorang harus sesuai dengan kemampuan fisik, kognitif, maupun keterbatasan kesehatan manusia dalam menerima beban kerja tersebut. Dan apabila hal tersebut dilakukan dalam jangka waktu yang lama selama beberapa tahun maka akan sangat membahayakan kesehatan secara jangka panjang.

2. Kelelahan secara Mental/ menimbulkan Stress

Dampak negatif mengambil kesempatan bekerja saat kuliah dengan beban pekerjaan yang besar akan sangat rawan menimbulkan kelelahan secara mental karena kita berhadapan dengan berbagai masalah dan manusia yang berbeda secara silih berganti, belum faktor lain seperti macet di jalan, konsultasi dengan dosen, masalah dengan pekerjaan deadline dan lainnya. Hal ini akan memicu kondisi mental yang tidak baik sehingga mudah tersinggung, dan emosi.

3. Prestasi belajar bisa tidak maksimal

Setiap orang pasti ingin saat belajar mendapatkan hasil dan prestasi yang baik, akan sangat di sayangkan apabila hasil belajar dan jerih payah selama kuliah hasilnya tidak maksimal karena kelelahan atau tidak fokus, jangan sampai ada penyesalan di kemudian hari yang akhirnya menyebabkan masalah baru mendapatkan pekerjaan dan karir yang lebih baik karena terbentur nilai dan prestasi belajar yang tidak memadai . Untuk itu perlu sebaiknya dipikirkan baik – baik dalam memutuskan kuliah sambil kerja dan kerugiannya.

Baca juga: Apa Saja Keuntungan Kuliah Sambil Bekerja?

4. Konsentrasi terpecah

Dengan banyaknya kegiatan yang kita jalani seperti kuliah dan bekerja paruh waktu di waktu lainnya, alhasil konsentrasi kita akan terpecah dan bisa menjadi kurang fokus dalam menjalani kegiatan-kegiatan tersebut. Ada kalanya saat kita berkerja paruh waktu tiba-tiba teringat akan tugas kuliah, atau bahkan saat kita berkuliah kita akan mengantuk karena kurangnya istirahat karena kita bekerja di saat waktunya kita beristirahat.

5. Kehidupan sosial terbatasi

Dengan kita bekerja paruh waktu di saat kita berkuliah, waktu kita menjadi terbatas untuk melakukan kegiatan lain. Adapun waktu kita libur dari kedua kegiatan tersebut pastinya kita pakai untuk mengerjakan tugas dan juga beristirahat dari kepenatan kegiatan rutin setiap harinya yang melelahkan. Dengan waktu yang terbatas ini waktu kita untuk refreshing dan juga bersosialisasi menjadi terbatas juga.

Sekian artikel tentang dampak negative dari kuliah sambal kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tips Magang Bagi Anda Yang Sudah Lulus Kuliah


Editor: Theo Adi -

0     0    

TAG :

Komentar