icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut 5 Pertanyaan yang Wajib Ditanyakan Pada Recruiter
Siker.id | 13 Jan 2022 21:30


Bagikan ke
Pertanyaan yang wajib ditanyakan pada recruiter. (siker)

siker.id - Dalam interview kerja, Anda terkadang tidak hanya menjawab pertanyaan tetapi juga menanyakan sesuatu kepada pewawancara. Biasanya pewawancara akan menanyakan “apakah ada pertanyaan?” di akhir wawancara. Perlu Anda ketahui, pertanyaan tersebut biasanya digunakan oleh pewawancara untuk mengetahui apakah Anda benar-benar tertarik dan serius melamar di perusahaan mereka. Sayangnya, banyak orang yang terkadang menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Padahal, Anda akan mendapat nilai tambah di mata para pewawancara jika menanyakan hal tersebut. Sehingga, bisa dikatakan bahwa peluangmu lolos ke tahap selanjutnya akan semakin besar. Anda bingung harus menanyakan apa jika menghadapi situasi seperti itu? Berikut ini daftar pertanyaan yang wajib Anda tanyakan kepada recruiter.

Baca juga: Berikut 5 Alasan Tidak Pernah Dipanggil Interview Kerja

1. Tanyakan Tantangan yang Akan Dihadapi Dalam Posisi Ini

Jika perekrut menjawab sama sekali tidak ada, Anda perlu curiga. Meski bebannya memang berbeda-beda, semua pekerjaan pasti memiliki kesulitannya masing-masing. Contohnya, membutuhkan banyak lembur untuk menyelesaikan laporan, menerima revisi berulang kali dari klien, atau berurusan dengan klien yang penuh emosi setiap harinya. Mengetahui tantangan tersebut sedini akan membantumu mempersiapkan diri untuk menghadapi beban di masa depan.

2. Tanyakan Seperti Apa Hari-hari Kerja Posisi yang Anda Lamar

Perekrut mungkin akan menjawab “berbeda-beda setiap harinya”. Jika Anda kurang puas dengan jawaban tersebut, tanyakan lebih lanjut mengenai keadaan perusahaan selama ini, khususnya di tengah pandemi seperti saat ini. Menanyakan hal tersebut akan membantumu membayangkan kondisi kerja nanti; apakah Anda akan mulai bekerja di tempat kerja yang cukup meragukan, atau yang tetap stabil meski di tengah krisis? Jangan sampai Anda “syok” ketika baru mulai bekerja karena tempat kerjamu ternyata sedang berada di masa-masa yang sangat sibuk.

3. Tanyakan Tahapan Rekrutmen yang Sedang Dijalani

Setiap proses rekrutmen tidak hanya berjalan dalam satu tahap. Mulai dari tes seleksi awal, psikotes, ada juga tes keahlian khusus lain hingga wawancara. Sesi wawancara juga biasanya tidak hanya berlangsung satu kali. Itulah kenapa Anda perlu menanyakan tahapan atau proses penerimaan karyawan yang sedang Anda jalani. Karena setiap perusahaan punya sistem dan kebijakan yang berbeda.

Baca juga: Berikut Ciri-ciri Undangan Interview Palsu

4. Tanyakan Tugas dan Tanggung Jawab yang Anda Ambil

Meski biasanya recruiter akan menjelaskan apa tugasmu, Anda tetap bisa menegaskannya kembali di akhir agar semuanya lebih jelas. Tanyakan dengan siapa saja Anda akan bekerjasama. Bagaimana cara kerja mereka biasanya, pertanyaan ini bisa memberikan kamu gambaran untuk proses adaptasi nantinya. Tanyakan mengenai target dan kemungkinan kendala yang biasanya terjadi di bidang pekerjaan tersebut.

5. Tanyakan Alur dan Kebijakan Pekerjaan yang Anda Hadapi

Selain menanyakan alur penerimaan karyawan, tanyakan juga alur pekerjaan yang akan kamu handle. Berapa banyak orang di tim Anda, siapa saja orang yang harus Anda temui saat mengerjakan tugas tertentu, kepada siapa saja Anda harus bertanggungjawab dan pertanyaan-pertanyaan lain yang sejenis.

Sekian artikel tentang daftar pertanyaan yang wajib harus ditanyakan pada recruiter. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Cara Follow Up Hasil Interview Kerja


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

Komentar