icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Jurusan Favorit Bagi Siswa Lulusan Bahasa
Siker.id | 13 Jan 2022 17:30


Bagikan ke
Jurusan favorit buat siswa lulusan Bahasa. (siker)

siker.id - Biasanya jurusan di perguruan tinggi itu dikenal hanya untuk lulusan IPA ataupun IPS. Padahal banyak pula jurusan untuk anak-anak dengan peminatan bahasa di SMA yang tersedia di perguruan tinggi. Berikut ini rekomendasi jurusan bagi lulusan bahasa sebagai langkah dalam menekuni mencari profesi setelah lulus nanti. Bagi siswa yang saat ini mengambil peminatan bahasa di SMA jangan bingung maupun berkecil hati.

Baca juga: Apa Saja Peluang Kerja Bagi Lulusan Bahasa Inggris?

1. Jurusan Sastra

Lulusan sastra biasanya sangat mengerti arti tersembunyi di suatu percakapan, cerita ataupun omongan. Karena sastra mempelajari banyak ilmu, dan mengerti pikiran manusia, maka mempelajari banyak transferable skill, sehingga pilihan kerja setelah lulus tidak terbatas dalam bidang sastra seperti penulis, penerjemah, atau pengajar. Sastra juga adalah salah satu hiburan bagi manusia, baik itu berupa bacaan seperti novel, lagu, atau film-film yang diangkat dari suatu jaman sejarah, atau latar belakang. Semua itu tidak akan ada tanpa sastra.

2. Jurusan Jurnalisme

Jurnalis dapat bekerja dimana saja, seperti kantor surat kabar, majalah, publikasi stasiun tv, radio dan masih banyak lagi. Sewaktu bertugas, untuk mendapatkan data dan bahan yang akurat dan menarik, mereka perlu menghadiri berbagai acara dan pertemuan, mengadakan wawancara, berkonsultasi dengan ahli ataupun konsultan. Setelah informasi yang dibutuhkan telah rampung dikumpulkan, mereka akan mulai menulis, dan hasil tulisan tersebut akan dipublikasikan, baik secara cetak atau digital.

3. Jurusan Psikologi

Psikologi adalah ilmu yang mempelajari pikiran, kebiasaan dan interaksi, termasuk segala aspek pengalaman manusia. Digambarkan sebagai “ilmu cabang”, Psikologi berkaitan ke riset dan perspektif dari ilmu sosial, ilmu alam, kesehatan dan humaniora, seperti filosofi. Lulusan psikologi pada umumnya dibutuhkan di bagian manajemen sumber daya manusia. Tetapi tidak hanya terbatas di situ, prospek kerja lulusan psikologi sangatlah luas.

Baca juga: Pentingnya Attitude dan Tutur Bahasa dalam Dunia Kerja!

4. Ilmu Komunikasi

Komunikasi mempunyai kajian ilmu yang sangat luas. Tentu saja, dalam kehidupan sehari-hari kita tidak akan mungkin terlepas dari komunikasi. Karena itu, ilmu yang akan dipelajari di jurusan ini pun akan sangat beragam. Ilmu Komunikasi tidak hanya mempelajari cara penyampaian pesan yang baik, namun juga mempelajari pemanfaatan teknologi dari penemuan baru. Hal ini pun mirip dengan Ilmu Bahasa, yang mempelajari tentang proses penyampaian pesan agar menjadi efektif dan dapat tepat sasaran. Maka, jurusan ini bisa menjadi salah satu pilihan kamu di perguruan tinggi nanti

5. Sosiologi

Suka dengan penelitian sosial dan mau turun langsung ke masyarakat di berbagai daerah? Sosiologi adalah jurusan yang tepat. Belajar di program studi ini akan membantu untuk memahami fenomena-fenomena sosial yang terjadi di masyarakat secara lebih ilmiah. Walaupun Sosiologi mempelajari tentang masyarakat, program studi ini tidak hanya didominasi oleh anak Soshum saja, tetapi juga anak Bahasa.

Sekian artikel tentang jurusan kuliah yang menjadi primadona lulusan Bahasa. Bila menyukai artikel ini bisa Anda Bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima Kasih.

Baca juga: Berikut Bahasa Pemrograman yang Dikuasai Web Programmer


Editor: Theo Adi -

     

Komentar