Berikut Tips Menikmati Kerja Saat Berlibur
Siker.id | 13 Jan 2022 17:45


Bagikan ke
Tips menikmati kerja saat berlibur. (siker)

siker.id - Liburan adalah kegiatan yang sangat menyenangkan dan ditunggu-tunggu oleh setiap orang. Umumnya orang akan memanfaatkan waktu cuti untuk liburan. Namun tak sedikit orang yang membawa pekerjaannya untuk bisa tetap liburan bersama sahabat, keluarga, atau bahkan pasangan. Mungkin Anda juga salah satunya yang pernah berlibur sekaligus masih harus bekerja. Namun ketika Anda memilih bekerja sambil berlibur, pastikan jika partner liburan Anda mengerti kondisi tersebut. Misalnya saja berlibur bersama dengan istri atau suami, maka pastikan jika mereka memahami kondisi Anda ketika harus bekerja disela-sela liburan. Selain itu, jangan terlalu meremehkan pekerjaan ketika berlibur, tapi juga menjalankan pekerjaan seprofesional mungkin. Berikut tips bisa bekerja disela-sela liburan.

Baca juga: Berikut Tips Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Berlibur

1. Perjelas Prioritas Pekerjaan

Kalau Anda sudah tahu harus bekerja selama liburan, tanyakan pada atasan apa saja prioritas bisnis sehari-hari yang diharapkan. Jadwalkan prioritas tersebut agar Anda bisa menyelesaikan pekerjaan sebanyak mungkin di awal sebelum libur. Setidaknya, Anda hanya tinggal mengurus detail kecil selama berlibur. Kamu juga bisa bikin kesepakatan untuk mengondisikan jam kerja pada hari-hari tertentu sehingga kamu tidak perlu berada di depan laptop atau handphone seharian.

2. Merencanakan Perayaan Sebelum atau Sesudah

Jika Anda baru akan merencanakan liburan, minta pengertian teman dan anggota keluarga untuk membuat pengecualian dan pergi sebelum atau sesudah pekerjaanmu selesai. Dengan begini, Anda tidak benar-benar merasa ditinggalkan.

3. Menjauhi Media Sosial

Anda mungkin tergoda untuk melihat kegiatan teman atau keluarga yang disibukkan dengan keseruannya, hal ini justru akan memperparah situasimu, ditambah ini hanya akan memperlambat kinerja kerjamu agar bisa cepat selesai. Singkirkan media sosial saat bekerja agar kamu bisa menikmati sisa liburan yang ada.

Baca juga: Berikut Ini Keuntungan Berlibur Buat Perkembangan Karir

4. Pastikan Tidak Ada Jadwal ‘Meeting’ Saat Liburan

Jika Anda berencana melakukan liburan dan diiringi dengan tetap bekerja, maka pastikan jika Anda menentukan waktu yang tepat. Pastikan jika ketika Anda berlibur tidak ada jadwal pertemuan (meeting) dengan orang penting atau klien. Anda bisa izin berlibur sambil bekerja. Cara ini akan lebih efektif jika memang Anda ingin berlibur namun tetap mengontrol pekerjaan.

5. Pastikan Koneksi Seluler dan Internet Lancar

Jangan menganggap remeh jaringan seluler di tempat Anda berlibur, apalagi jika Anda berencana berlibur sambil bekerja. Pastikan jika jaringan seluler di tempat Anda berlibur lancar. Karena jika jaringan tersebut lancar, maka sinyal internet umumnya juga bisa lancar. Jika memang provider Anda di tempat liburan kurang mendukung, maka Anda bisa mencari tahu provider apa yang sinyalnya lebih bagus di tempat tersebut.

6. Jangan Lupa Bawa Laptop dan Ponsel

Bawalah serta laptop dan juga ponsel jika memang Anda berniat berlibur sembari tetap bekerja. Pastikan jika laptop selalu dalam keadaan baik dan jangan meletakkannya pada sembarang tempat.Dengan demikian, Anda akan lebih mudah mengecek dan melakukan pekerjaan disela-sela waktu berlibur. Pastikan Anda juga membawa perlengkapan charger dari laptop Anda, untuk memperlancar pekerjaan saat liburan.

Sekian artikel tentang tips menikmati kerja saat berlibur. Bila menyukai artikel ini bisa Anda Bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima Kasih.

Baca juga: Berikut 5 Tips Membuat Makin Betah di Tempat Kerja


Editor: Theo Adi -

0     0    

TAG :

Komentar