icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Ingin Masuk Fakultas Hukum? Berikut Hal yang Perlu Diketahui
Siker.id | 13 Jan 2022 15:30


Bagikan ke
Hal yang perlu diketahui sebelum masuk ke fakultas hukum. (siker)

siker.id - Salah satu jurusan kuliah favorit mahasiswa untuk bidang IPS yang sampai sekarang masih banyak diburu adalah jurusan hukum. Jurusan ini ternyata bukan semata-mata menempa lulusannya untuk menjadi sosok penghafal undang-undang, karena lebih dari itu ada banyak pembentukan karakter positif yang dihasilkan. Mahasiswa hukum adalah mereka yang tumbuh sebagai pemberani, pantang mundur saat ada masalah. Jurusan Ilmu Hukum adalah studi yang mempelajari berbagai sistem hukum yang berkaitan dengan kehidupan kemasyarakatan. Di Prodi Ilmu Hukum, mahasiswa juga belajar mengenai perundang-undangan termasuk di dalamnya hukum dasar (konstitusi, hukum perdata, hukum dagang, hukum tata negara, hukum pidana, hukum tata pidana) hingga hukum internasional dengan cakupan yang cukup luas.

Baca juga: Apa Dasar Hukum dan Prosedur Pendirian PT?

Keahlian

Berikut ini beberapa keahlian yang harus dimiliki oleh mahasiswa jurusan hukum:

• Kemampuan menghafal

• Kemampuan berpikir kritis

• Kemampuan berpikir logis

• Kemampuan menganalisis

• Kemampuan menyelesaikan masalah

• Kemampuan mengutarakan pendapat secara lugas

• Komunikatif

Konsentrasi Hukum yang Ada

Hukum Perdata

Hukum perdata merupakan salah satu konsentrasi favorit mahasiswa hukum, demikian karena pada konsentrasi hukum perdata mengatur hak-hak dan kepentingan individu yang penerapannya bisa dimana saja. Dalam konsentrasi ini Anda akan menemukan beberapa mata kuliah seperti hukum keluarga dan waris, hukum perkawinan, hukum perselisihan, perbandingan hukum perdata dan hukum adat dalam perkembangan.

Hukum Lingkungan dan Tata Ruang

Isu sengketa lahan dan tanah akan Anda temukan dalam konsentrasi hukum lingkungan dan tata ruang. Tidak hanya itu saja, disini anda dapat belajar mengenai pelestarian lingkungan. Anda dapat belajar melalui mata kuliah hukum dan tata ruang, hukum perizinan, hukum keuangan negara, kapita selekta hukum lingkungan dan hukum lingkungan internasional.

Hukum Ekonomi

Sesuai dengan namanya, konsentrasi ini lebih merujuk kepada tingkah laku manusia dalam berdagang sehari-hari. Secara umum hukum ekonomi lebih sering disebut sebagai hukum dagang. Beberapa mata kuliah yang anda pelajari diantaranya hukum ekonomi, hukum perusahaan, hukum jaminan, hukum ekonomi internasional, hukum penanaman modal.

Hukum Internasional

Untuk konsentrasi hukum yang satu ini bisa dibilang cukup baru, namun jangan salah bahwa konsentrasi hukum ini memiliki banyak peminat. Pengaruh globalisasi dan minimnya jangkauan hukum menjadi fokus utama konsentrasi hukum internasional. Beberapa yang akan anda pelajari diantaranya hukum organisasi internasional, hukum perjanjian internasional, hukum udara dan ruang angkasa, studi kasus hukum internasional dan hukum laut internasional.

Hukum dan Teknologi

Luasnya perkembangan teknologi saat ini, terutama dalam bersosial media menjunjukkan interaksi secara umum. Namun, tidak semua hal positif saja yang ditujukan melainkan adanya hate comment yang meresahkan pemilik. Dengan begitu perlu adanya perlindungan hukum terhadap teknologi yang mampu menaungi media, teknologi informasi dan telekomunikasi serta Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI).

Hukum Pidana

Hukum pidana mempempelajari tentang keseluruhan dari peraturan-peraturan yang menentukan perbuatan apa yang dilarang dan termasuk kedalam tindak pidana. Beberapa hal yang Anda pelajari diantaranya kriminologi, hukum pidana internasional, perbandingan hukum pidana, hukum pidana dan yurisprudensi dan pengadilan hak asasi manusia.

Hukum Administrasi Negara

Melalui hukum administrasi negara Anda dapat mempelajari mengenai aspek dinamis dan merakyat dalam aturan kenegaraan seperti pembangunan dan aparatur negara. Melalui berbagai mata kuliah diantaranya hukum administrasi negara di daerah, hukum perizinan, hukum keuangan negara. Selain itu ada hukum perencanaan dan pengawasan pembangunan serta hukum kepegawaian.

Hukum Tata Negara

Sesuai dengan namanya konsentrasi dari hukum tata negara berfokus terhadap aturan kenegaraan yang beraspek statis atau pokok dari aturan sendiri. Konsentrasi ini akan dibagi menjadi beberapa matakuliah seperti hukum acara mahkamah konstitusi, hukum kewarganegaraan dan keimigrasian. Selain itu anda dapat belajar mengenai kapita selekta hukum tata negara, hukum konstitusi dan perbandingan hukum tata negara.

Baca juga: Bagi Anda Lulusan Hukum Perdata Berikut Prospek Kerjanya

Hukum dan Perkembangan Masyarakat

Konsentrasi hukum dan perkembangan masyarakat lebih berfokus terhadap kehidupan masyarakat dari zaman ke zaman. Mata kuliah yang akan Anda pelajari seperti sistem hukum nasional, sejarah hukum, antropologi hukum, penafsiran hukum serta penemuan hukum.

Hukum Acara (Peradilan)

Hukum acara, erat kaitannya dengan hukum perdata dan hukum pidana. Hanya saja lebih berfokus terhadap proses yang terjadi dalam pengadilan seperti advokat, pembuktian, penghadiran serta syarat saksi. Disini Anda dapat belajar mengenai teknik pemecahan kasus, perbandingan hukum acara, kapita selekta hukum acara, praktikum negosiasi dan mediasi serta etika profesi hukum.

Prospek Lulusan Hukum

Ada banyak peluang kerja jurusan hukum yang bisa Pinters pilih saat kuliah di jurusan ini, baik untuk jenjang sarjana, maupun bagi yang ingin lanjut magister atau doktor. Berikut beberapa pilihannya:

1. Pengacara

Seorang pengacara atau advokat dapat bekerja secara perseorangan maupun pada lembaga hukum. Bekerja pada firma hukum biasanya menjadi pilihan fresh graduate yang ingin mengawali dan membangun kariernya.

2. Jaksa

Jika pengacara adalah profesi di sektor swasta, jaksa adalah profesi dengan status Aparatur Sipil Negara (ASN). Jika seorang pengacara membela kliennya di ruang sidang, jaksa bertindak sebagai pihak penuntut dan menyampaikan dakwaan.

3. Hakim

Tak asing dengan profesi hakim? Dari posisinya saja kita sudah bisa melihat peran hakim sebagai pemimpin jalannya persidangan. Hakim juga bertugas membuat keputusan akhir atas kasus yang disidangkan.

4. Notaris

Setelah lulus kuliah dari Jurusan Ilmu Hukum, Anda harus melanjutkan kuliah S2 Kenotariatan agar bisa menjadi seorang notaris. Anda yang lebih suka bekerja secara mandiri, profesi ini cukup menarik karena memungkinkanmu untuk membuka praktik sendiri. Saat ini sudah banyak notaris yang membuka kantor pribadi di rumah.

5. Staf Legal

Staf legal (legal officer) dibutuhkan oleh perusahaan, bank, rumah sakit, start up, maupun lembaga-lembaga yang lain. Pekerjaan staf legal berkaitan dengan persoalan-persoalan hukum maupun kepengurusan berbagai berkas penting seperti surat perjanjian, dokumen aset, kontrak kerja, dan lain-lain.

6. Staf Kementerian

Ingin bekerja di Kementerian? Tak hanya Kemenkumham, tapi BUMN juga membutuhkan staf dengan latar belakang Ilmu Hukum. Manfaatkan kesempatan seleksi atau tes CPNS jika Anda tertarik dengan jenjang karier di lembaga pemerintah ini.

7. Staf HRD

Ternyata bagian personalia atau HRD tak hanya berisikan lulusan Psikologi saja. Alumni Jurusan Ilmu Hukum juga dibutuhkan di HRD, apapun perusahaannya. Peran mereka dibutuhkan terutama dalam membuat dan melakukan evaluasi peraturan ketenagakerjaan hingga kontrak kerja karyawan. Sarjana Hukum di bagian HRD juga berperan dalam menguraikan ketentuan hukum yang menyangkut karyawan, seperti asuransi ketenagakerjaan dan kesehatan.

Sekian artikel tentang seluk beluk fakultas hukum. Bila menyukai artikel ini bisa Anda Bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima Kasih.

Baca juga: Apa Pengertian dan Dasar Hukum Dari Masa Probation?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar