Berikut Tugas dan Skill yang Harus Dimiliki Web Programmer
Siker.id | 13 Jan 2022 14:45


Bagikan ke
Tugas dan skill yang harus dimiliki oleh web programmer. (siker)

siker.id - Saat ini, web programmer menjadi salah satu profesi yang sangat dibutuhkan oleh banyak bidang pekerjaan. Web programmer adalah sebuah pekerjaan dalam bidang teknologi informasi yang mana didalam pekerjaan tersebut seorang web programmer akan melakukan pengcodingan dan pemrograman sebuah website. Web Programmer akan membuat script atau coding untuk membuat halaman web akan terlihat lebih dinamis dan menarik. Sebuah website yang biasa akan terlihat sangat membosankan dengan tampilan yang standart untuk itu web programmer akan membuat coding agar website yang diciptakan terlihat lebih dinamis. Jangan samakan web programmer dengan tugas web developer yang pekerjaannya lebih ke arah analisa web yang sudah dibangun. Jadi tugas web programmer adalah membangun web dari awal sampai ke tahapan pengembangannya. Beda lagi dengan tugas web administrator yang lebih fokus pada perbaikan server. Web programmer justru fokus pada pengembangan dan pembuatan web sehingga web jadi mudah untuk digunakan, memiliki sistem input dan output data yang jelas.

Baca juga: Apa Saja Peluang Kerja Buat Lulusan Managemen Informasi?

Tugas Seorang Web Programmer

Tugas seorang web programmer yaitu melakukan pengcodingan dan pemrograman sebuah website agar terlihan lebih dinamis dan agar web tersebut bisa terlihat mudah bagi seorang web admin. Lebih jelasnya berikut ini penjabaran tugas dari web programmer:

1. Memahami layout, struktur dan fitur dalam web

Seorang web programmer juga harus mengerti mengenai gambaran desain keseluruhan dari website. Tugas pertama ini sangat penting bagi web programmer untuk memahami detail dari rancangan web yang akan dibuat. Sehingga rancangan tersebut nantinya bisa langsung dikerjakan dengan maksimal.

2. Bertanggung jawab atas code yang dibuat

Tugas yang kedua yaitu merancang dan mengelola dari hasil code yang telah dibuat. Programmer akan menulis kode pemrograman dan juga memperbaikinya sehingga bisa digunakan. Perlu pemilihan bahasa pemrograman pada semua elemen serta fitur yang akan diciptakan.

3. Melakukan pengecekan semua elemen program

Tidak berhenti dalam pembuatan coding saja, tugas web programmer juga harus memeriksa ulang semua fitur yang telah dibuat. Uji coba diperlukan untuk mengetahui bahwa semua elemennya berfungsi dengan benar.

Kemampuan yang Harus Dimiliki Web Programmer

Setelah mengetahui tugas seorang web programmer, berikut ini beberapa kemampuan yang wajib dimiliki oleh web programmer:

1. Menguasai HTML

Kenapa HTML termasuk? Karena boleh dikatakan bahwa ibu dari bahasa pemrograman halaman web adalah HTML. Siapapun yang terlibat dengan perancangan dan pembuatan web, tidak bisa lepas dari HTML. Karena sebuah website, hingga saat ini hanya bisa dibuka lewat browser. Sedangkan agar sebuah halaman web bisa dibuka pada browser, documentnya mesti dikemas dengan HTML.

Baca juga: Apa Saja Peluang Kerja Lulusan Teknik Komputer?

2. Menguasai CSS

Meskipun seorang Web Programmer tugasnya adalah membuat program sebuah halaman web, tapi dalam prakteknya, banyak sedikitnya tetap bersinggungan dengan tampilan perwajahan sebuah website secara global. Karena untuk membuat sebuah elemen, fitur, widget dan plugin tertentu pada sebuah halaman web, tidak mungkin tanpa sekaligus menentukan tampilan standarnya. Minimal soal posisi dan ukuran. Dan bahasa pemrograman yang digunakan untuk itu adalah CSS.

3. Menguasai PHP

PHP disini bukan Pengumbar Harapan Palsu. Tapi adalah Personal Home Page yang kemudian berkembang menjadi Hypertext Preprocessor. Sebuah bahasa pemrograman web yang berfungsi untuk merancang halaman yang dinamis dan interaktif. PHP bisa melayani berbagai bentuk form seperti fitur daftar, login, komentar, survey, hasil penghitungan, statistik dan sejenisnya. Singkatnya fitur-fitur yang ada interaksi antara klien dengan server, antara pengunjung dengan pengelola sebuah web. Boleh dikatakan, ini termasuk program wajib yang harus dikuasai oleh seorang Web Programmer.

4. Menguasai MySQL

Program yang satu ini berkaitan langsung dengan PHP. Jika salah satu digunakan, maka serentak yang satu lagi juga harus digunakan. Karena MySQL adalah program database untuk mengolah input dan output data, sedang PHP untuk menampilkan entri data yang dilakukann oleh pengguna atau user sebuah halaman web. Jadi keduanya, berkeja secara berpasangan. Boleh dikatakan, ini 2 program 2 sejoli di tubuh sebuah web. Yang satu untuk menampilkan, menampung data masuk, sedang yang kedua mengolah dan melaporkan hasilnya.

5. Menguasai JavaScript

Fungsinya hampir sama dengan PHP, yaitu untuk membuat fitur-fitur interaktif pada sebuah halaman web. Bedanya, JavaScript juga bisa digunakan untuk mendandani halaman web agar terlihat lebih menarik. Karena selain bisa melayani aksi reaksi antara client dengan server, antara pengunjung dengan admin, JavaScript juga bisa digunakan untuk menampilkan animasi, misalnya membuat link-link tombol menjadi atraktif, membuat gambar dan teks melayang dan sejenisnya. Boleh dikatakan, JavaScript adalah PHP Plus. Ada nilai tambah dari sisi artistiknya selain sisi fungsi.

Sekian artikel tentang tugas dan kemampuan web programmer. Bila menyukai artikel ini bisa Anda Bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima Kasih.

Baca juga: Apa Tugas dan Fungsi Seorang Programmer?


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar
Pencarian