icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut 5 Kesalahan Umum Pencari Kerja
Siker.id | 06 Jan 2022 22:00


Bagikan ke
Kesalahan yang sering dilakukan pencari kerja. (siker)

siker.id - Usai menyelesaikan pendidikan, sekarang saatnya Anda meniti karier. Anda dan jutaan fresh graduate lainnya harus bersaing ketat mendapatkan pekerjaan impian. Di tengah kompetisi ini, Anda harus cerdik mengatur strategi, menghindari kesalahan yang sering dilakukan para pencari kerja pemula. Salah-salah langkah, kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan impian bisa hilang begitu saja. Untuk mengamankan karier yang kamu incar, simak daftar kesalahan umum yang dilakukan pencari kerja. Berikut ini ulasannya!

Baca juga: Berikut 6 Situs Untuk Pencari Kerja

1. Asal Punya Pekerjaan

Banyak anak muda berasumsi kalau bekerja saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Padahal, Anda harus perhatikan lagi jenis pekerjaannya. Jangan sampai asal pilih karena hal ini akan mempengaruhi tingkat kenyamanan saat bekerja. Carilah pekerjaan yang sesuai dengan background dan passion Anda. Sebenarnya sah-sah saja kalau berbeda haluan, tapi Anda butuh penyesuaian lagi agar bisa mahir di bidangnya. Penyesuaian ini tentu menguras waktu dan tenagamu.

2. Tanpa Tujuan yang Jelas

Jangankan membuka bisnis, saat Anda ingin bekerja di suatu perusahaan juga butuh tujuan yang jelas. Tujuannya bukan sebatas yang penting bisa memenuhi kebutuhan hidup, tapi lebih besar dari itu. Misalnya, dalam tiga tahun mendatang, Anda ingin menjadi apa di perusahaan tersebut. Anda tentu tidak mau terus-menerus menjadi staf, kan? Makanya, tanyakan pada diri sendiri tentang rencana karir yang diinginkan sebelum apply ke suatu perusahaan.

3. Tidak Memiliki Kemampuan atau Keterampilan

Sebagian besar pencari kerja hanya melihat posisi atau jabatan saja ketika ingin melamar pekerjaan. Memiliki gelar memang bisa berguna untuk memberitahukan kemampuan apa yang Anda miliki. Selain itu, juga untuk pertimbangan penempatan posisi di perusahaan. Namun, sangat disayangkan ketika pencari kerja memiliki gelar tetapi keahliannya tidak ada. Padahal yang terpenting adalah keterampilan atau kemampuan yang dimiliki.

Baca juga: Bagi Pencari Kerja, Hindari 5 Kesalahan Ini !

4. Tidak Mengetahui Tren Pekerjaan

Kesalahan lain yang dilakukan para pencari kerja adalah kebanyakan dari mereka tidak mengetahui tren pekerjaan yang ada saat ini. Seharusnya sebagai pencari kerja, Anda bisa mengikuti tren pekerjaan. Hal itu bermanfaat untuk mengetahui di mana peluang yang bisa Anda dapatkan. Terlebih saat tren tersebut sesuai dengan kemampuan Anda, manfaatkanlah keadaan seperti itu untuk mencari keuntungan.

5. Komunikasi yang tidak efektif

Di dunia yang serba cepat seperti sekarang ini, berkirim pesan singkat menggunakan bahasa informal merupakan hal biasa. Namun dalam dunia pekerjaan, hal ini harus dihindari. Kebiasaan menggunakan komunikasi informal bisa membuatmu gagap ketika harus berbicara dan menulis secara profesional. Menurut survei Top Resume, 67% responden menyatakan bahwa komunikasi yang tidak efektif menjadi kesalahan terbesar fresh graduate menemukan pekerjaan.

Sekian artikel tentang kesalahan yang sering dilakukan pencari kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 8 Kesalahan Yang Wajib Dihindari Karyawan Baru


Editor: Theo Adi -

     

Komentar