icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut 5 Tips Agar Pekerjaan Tidak Menumpuk
Siker.id | 06 Jan 2022 16:00


Bagikan ke
Tips agar pekerjaan tidak menumpuk. (siker)

siker.id - Beban kerja yang menggunung memang menjadi tantangan tersendiri. Satu sudah berhasil dituntaskan, ternyata muncul sederet tanggungan lainnya yang harus segera diselesaikan. Tentu hal ini akan menyita banyak waktu, pikiran, dan tenaga. Tidak jarang Anda dibuat kalang kabut akan hal tersebut. Namun demikian, hal ini tidak akan terjadi apabila Anda memiliki cara yang cermat dalam mengerjakannya. Kamu bisa mengelola dengan baik tugas dan pekerjaan yang menggunung sehingga tidak keteteran. Lantas, apa saja tips agar pekerjaanmu tidak terbengkalai? Berikut ulasannya!

Baca juga: Berikut Pekerjaan yang Cocok Untuk Kaum Rebahan

1. Membuat Skala Prioritas

Jenis pekerjaan yang harus diselesaikan ada banyak jenisnya. Tapi, buatlah skala prioritas agar Anda dapat mengetahui pekerjaan mana yang harus dikerjakan lebih dulu dan pekerjaan mana yang bisa dikesampingkan untuk sementara waktu. Dengan membuat skala prioritas, setiap pekerjaan dapat diselesaikan tepat waktu tanpa terbengkalai satu pun.

2. Menentukan Jadwal Pekerjaan

Agar pekerjaan dapat diselesaikan dengan efisien, tentukan kapan waktu untuk menyelesaikannya. Untuk pekerjaan yang berat, Anda mungkin butuh waktu yang lebih lama dibandingkan pekerjaan yang enteng. Tak ada salahnya membuat jadwal kerja secara detail, meliputi kegiatan lain yang sudah menjadi rutinitas sehari-hari. Gunakan jadwal ini sebagai acuan dalam menyelesaikan pekerjaan, sehingga waktu yang ada dalam sehari tidak habis untuk mengerjakan satu jenis pekerjaan saja.

3. Istirahat yang Cukup

Meskipun pekerjaan masih mengantre untuk diselesaikan dan deadline sudah terus-menerus menghantui, usahakan agar Anda tetap menyisihkan waktu untuk beristirahat. Istirahat yang cukup akan memberi energi baru yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas yang tersisa. Dengan beristirahat, Anda juga bisa terhindar dari penyakit, sehingga rutinitas sehari-hari dapat berjalan dengan lancar.

Baca juga: Berikut 5 Pekerjaan Buat yang Hobi Baca

4. Luangkan Waktu untuk Mengerjakannya

Setumpuk pekerjaan yang mengantri untuk diselesaikan memang menjadi beban tersendiri. Apalagi jika tanggungan kerja tersebut datang dalam satu waktu yang bersamaan. Agar hal itu tidak terjadi, tentu Anda harus menentukan strategi yang tepat. Salah satu tips yang dapat dilakukan yaitu dengan meluangkan waktu setiap hari untuk mengerjakannya meskipun itu hanya tiga puluh menit.

5. Hindari Multitasking

Menyelesaikan setumpuk pekerjaan memang bukan hal yang mudah. Kehilangan fokus sedikit saja, tentu semua akan berantakan. Bahkan tidak jarang kamu turut kehilangan semangat sehingga pekerjaan tidak dapat terselesaikan dengan optimal. Salah satu tips yang dapat dilakukan agar pekerjaan tidak berakhir terbengkalai yaitu dengan menghindari multitasking. Mengerjakan banyak tugas dalam satu waktu hanya akan membuat konsentrasi semakin terpecah.

Sekian artikel tentang tips agar pekerjaan tidak menumpuk. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 5 Tanda Anda Mulai Mencintai Pekerjaan


Editor: Theo Adi -

     

Komentar