icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut 5 Ciri Rekan Kerja yang Banyak Modus
Siker.id | 06 Jan 2022 15:00


Bagikan ke
Ciri rekan kerja yang banyak modus. (siker)

siker.id - Suatu keberuntungan besar kalau Anda berada di lingkungan kerja yang sehat bersama rekan kerja yang baik-baik. Seperti yang kita tahu, bahwa dibalik ketatnya persaingan ada banyak banget rekan kerja yang bermuka dua dan modus. Anda harus hati-hati dengan rekan kerja yang seperti itu, bahkan kalau bisa menjaga jarak aman saja. Ada yang modusnya untuk mencari keuntungan diri sendiri, tapi ada juga yang malah menjatuhkan kariermu. Pokoknya berhati-hatilah pada lima hal ini kalau ada rekan kerja yang bersikap sok dekat dan terlihat modus. Berikut ulasannya!

Baca juga: Berikut 5 Dampak Terlalu Percaya pada Rekan Kerja

1. Tidak Ada Akuntabilitas Untuk Perilaku

Drama queen tidak pernah melihat diri mereka sebagai bagian dari masalah. Selalu ada hal-hal yang bisa untuk disalahkan. Jika mereka menyalahkan diri sendiri dan memainkan peran sebagai korban, itu adalah cara untuk mendapatkan perhatian dan menghindari keterbukaan tentang perasaan atau keinginan mereka.

2. Selalu Mencari Gosip

Drama mengundang drama dan modus. Rekan kerja yang banyak modus perlu menemukan lebih banyak drama juga agar permainan tetap berjalan. Jadi, mereka mencari orang lain untuk bermain bersama dengan perilaku pasif-agresif, keluhan di belakang, sarkasme, dan penghindaran melalui gosip.

3. Pembenaran Mengalahkan Efektivitas

Modus operandi dalam drama adalah merasa dibenarkan. Bagi rekan kerja yang banyak modus, dibenarkan jauh lebih penting daripada menjadi efektif. Imbalan jangka pendek karena bisa mengatakan, “Lihat, saya benar!” menjadi lebih penting daripada tujuan jangka panjang, menjaga integritas, atau membangun kepercayaan dalam hubungan. Mereka lebih suka memenangkan pertempuran dan berisiko kalah perang.

Baca juga: Bagaimana Menengahi Rekan Kerja Yang Berkonflik?

4. Jangan Mau Menambahkannya ke Dalam Proyek

Rekan kerja yang benar-benar baik dan suportif di dunia kerja memang ada, tapi yang modus demi mencari keuntungan diri sendiri juga banyak. Bisa dilihat dari mereka yang mendekatimu ketika mengerjakan suatu proyek kerjaan yang bagus, pasti ada keinginan untuk ingin ikut bergabung. Kalau proyekmu sudah berjalan dan kelihatan bakal berakhir bagus, jangan menambahkan rekan kerja yang modus itu ke dalam pekerjaan. Sebab itu artinya dia hanya mau numpang nama untuk pansos ke atasan.

5. Jangan Mau Dimintai Data Pribadi

Hal lainnya yang perlu Anda waspadai dari rekan kerja yang modus ialah mengenai data pribadi. Jangan mau memberikan data pribadimu secara detail ke rekan kerja yang tiba-tiba berlagak sok akrab dan berusaha mendekatimu. Sebab kalau sampai Anda berikan bisa saja datamu itu dipakai untuk keuntungannya sendiri yang pada akhirnya merugikanmu.

Sekian artikel tentang ciri rekan kerja yang suka modus. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Bagaimana Cara Agar Tidak Terpengaruh Rekan Kerja Toxic?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar