Berikut Kiat Mengambil Keputusan Secara Cepat
Siker.id | 06 Jan 2022 11:45


Bagikan ke
Kiat mengambil keputusan secara cepat. (siker)

siker.id - Setiap manusia pasti dihadapkan pada masalah yang harus diselesaikan, baik itu berskala risiko besar maupun kecil. Tidak ada seorangpun yang lepas dari sebuah masalah dan tidak berhadapan dengan keputusan yang harus dibuat. Bahkan ketika seseorang berniat untuk tidak melakukan sesuatu pun, sesungguhnya dia sudah mengambil keputusan dan berbagai risiko yang harus dituai di kemudian hari. Sejak pagi hari ketika kita bangun hingga kembali ke tempat tidur, banyak sekali keputusan-keputusan yang harus diambil dan dilakukan. Berikut ini tips agar bisa mengambil keputusan secara cepat!

Baca juga: Berikut 5 Cara Mengambil Keputusan yang Tepat

1. Jangan Terjebak di Zona Nyaman

Orang sukses adalah orang yang tidak terjebak dalam zona nyaman. Terkadang dalam mengambil keputusan, kita kerap memilih sesuatu yang berada dalam zona nyaman kita. Padahal diluar zona nyamanmu tersimpan peluang yang selama ini belum pernah Anda dapatkan. Jadi pertimbangkan untuk berani mengambil pilihan yang menantang.

2. Hati dan Pikirian Wajib Seimbang

“Ikutin kata hatimu”, kalimat yang sering kita dengar ketika sedang membicarakan terkait leadership, mengambil keputusan, dan lain sebagainya. Meskipun memang mengambil keputusan selalu melibatkan hati, Anda perlu menyeimbangkannya dengan pikiran. Keputusan yang diambil harus rasional, nah terkadang hati memilih keputusan yang tidak rasional.

3. Atur Emosi

Mengambil keputusan yang bijak terkadang menguras tenaga dan pikiran karena lelah mempertimbangkan resikonya. Oleh karena itu, mengelola emosi sangat dibutuhkan sehingga kamu tetap bisa memilih keputusan yang tepat.

Baca juga: Berikut 5 Faktor Penghambat Pengambilan Keputusan

4. Beranikan Diri Dalam Mengambil Risiko

Risiko akan selalu ada dan justru malahan melalui setiap risiko dan kesalahan yang kita alami, kita dapat belajar untuk memperbaiki kesalahan itu untuk menghadapi berbagai permasalahan lainnya dengan level yang lebih tinggi dan tentu saja lebih cenderung lebih sulit. Tanamkan pada diri kita bahwa setiap kesalahan adalah hal yang manusiawi, setidaknya kita sudah berusaha yang terbaik dan kita dapat belajar dari setiap kesalahan itu agar tidak jatuh pada lubang yang sama.

5. Libatkan Sang Pencipta

Sebetulnya ini bukanlah opsi yang terakhir melainkan opsi yang paling mendasar dan pertama. Setiap hal di dunia ini diciptakan oleh Sang Pencipta dengan tujuan yang sudah melekat pada dirinya, termasuk setiap manusia. Bahkan setiap permasalahan yang kita hadapi, sesungguhnya sudah diatur oleh-Nya. Tentu saja untuk membawa kita kepada kualitas kehidupan manusia yang semakin baik. Setiap kita yang beragama pasti percaya dengan adanya satu Pribadi, Sang Pencipta. Libatkanlah Pencipta kita dalam pengambilan keputusan kita.

Sekian artikel tentang kiat khusus mengambil keputusan secara cepat. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Alasan Tidak Buru-buru Cari Kerja Setelah Lulus


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar