icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Mengkritik Rekan Kerja
Siker.id | 05 Jan 2022 22:00


Bagikan ke
Hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mengkritik rekan kerja. (siker)

siker.id - Ketika masuk dalam dunia kerja maka itu berarti Anda juga harus siap untuk berbaur dengan rekan kerja lainnya yang berkarier di tempat yang sama. Dan kalau bicara soal rekan kerja, Anda juga harus paham bahwa ada kalanya mereka benar dan salah, bahkan dalam bekerja pun juga pasti ada peningkatan dan penurunan kinerjanya. Jadi kalau misalnya ada suatu hal dari rekan kerjamu yang mungkin kurang pas bagimu, pastikan untuk berpikir dulu sebelum memberikan kritik. Karena kritik yang disampaikan sembarangan bukannya bersifat membangun tapi malah bisa menjatuhkan mental dan karier orang lain. Berikut hal yang harus diperhatikan sebelum mengkritik rekan kerja!

Baca juga: Berikut Tips Menyampaikan Kritik Yang Sopan

1. Cara Pandang

Posisikan dirimu terlebih dahulu di posisinya. Sebab, bisa saja ia memiliki cara pandang berbeda dalam menyelesaikan pekerjaan atau ternyata selama ini ritme kerja yang Anda miliki berbeda dengannya. Komunikasikan kembali hal tersebut bila ternyata selama ini ada kendala dalam pekerjaan.

2. Masalah Pribadi

Dalam mengkritik rekan kerja, jangan membawa masalah pribadi. Tetap bersikap profesional dan jangan menyerang rekan kerja saat mengkritik. Sebab, kritik yang diharapkan bisa membangun malah bisa jadi ajang saling menjatuhkan.

3. Gunakan Kata Positif

Meski rekan kerjamu memiliki kinerja kurang bagus, coba tegur dengan kata-kata positif. Kata-kata negatif bisa menjatuhkan mental dan bisa membuat rekan kerjamu merasa tersinggung.

Baca juga: Bagaimana Cara menghadapi Kritik di Tempat Kerja?

4. Tujuan Kritik Harus Membangun

Hal yang perlu Anda perhatikan saat ingin mengkritik rekan kerja ialah tentang niat dan tujuanmu dalam mengkritik. Kalau untuk menjatuhkan lebih baik tidak usah, karena kritik yang baik itu haruslah bermaksud untuk saling membangun.

5. Pilihan Menjadikan Ini Sebagai Privasi

Jangan lupakan juga yang terakhir ini, yakni menjadikan kritik yang Anda sampaikan sebagai rahasia kalian berdua saja. Besar kecilnya sebuah kritik yang Anda sampaikan pada rekan kerja gak perlu diumbar-umbar ke orang lain. Hal ini penting untuk diperhatikan supaya orang yang Anda kritik tidak lantas merasa malu dan hilang harga dirinya ketika dikritik.

Sekian artikel tentang hal yang perlu diperhatikan saat mengkritik rekan kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 5 Dampak Terlalu Percaya pada Rekan Kerja


Editor: Theo Adi -

     

Komentar