Berikut 5 Hal yang Menghambat Perjalanan Karirmu
Siker.id | 05 Jan 2022 18:00


Bagikan ke
Hal yang menghambat perjalanan karir. (siker)

siker.id - Seperti yang Anda ketahui setiap orang memiliki caranya masing-masing untuk mendapatkan posisi yang lebih baik di kantor. Segala macam pekerjaan Anda kerjakan, lembur pun Anda jalani, bertemu dengan klien yang jauh juga Anda lakukan demi posisi karir yang lebih baik. Sebagian besar dari Anda sudah mempunyai rancangan dan tujuan selama setahun atau bahkan lima tahun kedepan dalam karirmu. Tapi, perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa hal yang pernah atau seringkali Anda lakukan sehingga secara langsung berpengaruh pada perjalanan karirmu. Berikut ini 5 penghambat perjalanan karirmu.

Baca juga: Berikut Tips Membangun Karir Bagi Fresh Graduate

1. Terlalu Fokus pada Pekerjaan Sendiri

Pernahkah Anda merasakan jenuh, bosan, sampai stres dalam menyelesaikan tugas harian? Jawabannya tentu pernah. Perasaan tersebut bisa saja muncul karena Anda terlalu fokus menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan berat sendirian. Padahal jika Anda membuka diri dan berani meminta bantuan kepada rekan kerja, Anda bisa saja menyelesaikan pekerjaan rumit tersebut dalam waktu yang lebih singkat. Bukan berarti bekerja sendirian adalah hal yang tidak baik, namun bekerja secara tim ternyata juga diperlukan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas kerja.

2. Malas Berinovasi

Karyawan yang cenderung bekerja pada zona nyaman, cenderung enggan untuk berinovasi dan menemukan solusi untuk berbagai permasalahan di tempat kerja. Jika Anda adalah karyawan yang malas berinovasi, Anda hanya akan meraih pencapaian kerja yang itu-itu saja. Sedangkan, mereka yang senang berinovasi akan lebih diperhatikan oleh manajernya berkat produktivitas dan prestasi kerja yang mereka capai.

3. Menjadi Toxic Employee

Istilah “toxic employee” cukup santer terdengar belakangan ini di dunia pekerjaan. Toxic employee bukanlah mereka yang malas bekerja dan lalai dalam menjalankan berbagai tugasnya, namun bisa jadi mereka adalah karyawan yang cukup rajin dalam bekerja hanya saja tidak memiliki integritas dan seringkali bersifat merusak suasana di lingkungan kerja. Biasanya mereka terlalu sibuk dengan isu-isu yang berkembang, menghambat pekerjaan orang lain, menghasut karyawan lainnya untuk melakukan pelanggaran hingga berujung pada ruginya perusahaan.

Baca juga: Berikut Karir yang Akan Berkembang di Tahun 2022

4. Tidak Disiplin

Hal yang paling nomor satu untuk mencapai target dan tujuan adalah disiplin. Kalau Anda kurang disiplin ritme kegiatanmu juga akan berantakan. Jika Anda bingung bagaimana agar bisa disiplin, Anda bisa coba perhatikan jam berapa Anda bangun di pagi hari? Dan berapa banyak pekerjaan yang tertunda. Kurang disiplin seringkali membuatmu menjadi orang yang tidak tepat waktu juga.

5. Tidak Mampu Membangun Relasi

Walaupun Anda orangnya sangat tertutup dan kaku, mulailah mencoba membuka diri dengan lingkungan sekitar. Jika Anda tidak tahu bagaimana cara memulainya, cobalah untuk menyapa beberapa teman dan bosmu di kantor. Kalau Anda tidak memiliki relasi bagaimana mungkin Anda bisa mengerjakan pekerjaanmu dengan baik?!

Sekian artikel tentang hal yang menghambat perkembangan karir. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Bagaimana Memanfaatkan Media Sosial Untuk Menunjang Karir?


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar