icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Dampak Terlalu Memforsir Pekerjaan
Siker.id | 04 Jan 2022 19:15


Bagikan ke
Dampak terlalu memforsir pekerjaan. (siker)

siker.id - Setiap orang pasti pernah memiliki targetnya masing-masing saat bekerja. Ada yang menginginkan jabatan atau posisi tertentu, kenaikan gaji dan bonus, serta target-target lainnya. Banyaknya target yang ingin dicapai seringkali menjadikan lupa diri sehingga akan memaksa untuk terus bekerja meskipun kondisi fisik dan mental sudah kelelahan. Padahal itu bukan hal yang baik, lho. Bukannya meraih apa yang ditargetkan, memaksakan diri untuk bekerja meskipun sudah lelah justru dapat membawa kerugian bagi diri sendiri. Berikut lima dampak negatif bila terlalu memforsir diri untuk tetap bekerja meskipun sudah kelelahan.

Baca juga: Berikut Tanda Anda Belum Bahagia Dengan Pekerjaan

1. Nggak Bersemangat

Jangan abaikan ketika akhir-akhir ini, kamu selalu lesu dan gak bersemangat. Hal ini bisa jadi sinyal bahwa tubuh dan pikiranmu butuh istirahat. Jangan biasakan lembur di akhir pekan. Kamu perlu tegaskan bahwa akhir pekan adalah waktu penting untuk pemulihan dirimu sendiri serta waktu berkumpul bersama keluarga.

2. Merasa Kewalahan

Saat kamu kelelahan, maka tugas yang kalau di kondisi normal sebenarnya mudah diselesaikan, jadi terlihat begitu sulit dan membuatmu kewalahan. Hal ini disebabkan, kamu gak bisa lagi berpikir dengan jernih karena tak mendapat istirahat yang cukup.

3. Sulit Merasa Bahagia

Jangan abaikan ketika kamu sudah mulai merasa hobimu itu tak lagi menarik atau membuatmu senang. Rasa-rasanya, sulit sekali untuk sekadar tersenyum. Itu bisa jadi tanda depresi. Maka dari itu, jangan terlalu paksakan diri untuk mengejar target ambisius. Mengenali kemampuan diri sendiri, juga termasuk wujud kebijaksanaan.

Baca juga: Bagaimana Memilih Pekerjaan Yang Tepat?

4. Emosi Tidak Stabil

Kerja keras itu memang baik. Anda paham betul bahwa kesuksesan tidak dapat diraih secara instan. Semakin besar kesuksesan yang Anda impikan, maka semakin besar pula usah dan perjuangan yang harus dilakukan. Namun sayangnya, Anda justru sering lupa diri saat tengah bekerja keras. Dengan dalih berusaha meraih kesuksesan dan tidak ingin membuang-buang waktu, Anda justru memaksakan diri untuk terus bekerja di luar batas kemampuan. Akibatnya kamu akan mengalami kelelahan yang amat sangat sehingga turut mempengaruhi emosi menjadi tidak stabil.

5. Merasa Selalu Tertekan

Memang dalam meraih apa yang ditargetkan itu butuh usaha dan perjuangan yang tidak main-main. Namun demikian, Anda juga harus tau batasan wajarnya sehingga tidak memaksakan diri untuk terus bekerja meskipun sudah kelelahan. Perlu diketahui, memaksakan diri untuk terus bekerja walaupun sudah sangat letih itu justru dapat membawa dampak negatif bagi dirimu. Anda akan selalu dibayangi-bayangi oleh beban kerja yang tak kunjung selesai. Akibatnya, Anda akan selalu merasa tertekan sepanjang waktu.

Sekian artikel tentang dampak terlalu memforsir pekerjaan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Bagaimana Cara Membagi Waktu Antara Pekerjaan dan Keluarga?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar