Berikut Dampak Terlalu Baik Ditempat Kerja
Siker.id | 03 Jan 2022 22:00


Bagikan ke
Dampak terlalu baik di tempat kerja. (siker)

siker.id - Bersikap baik, sopan, jujur, dan bertanggung jawab merupakan hal yang sangat penting untuk dimiliki saat bekerja. Tentunya sikap seperti itu akan sangat menentukan karakter dan image setiap orang di tempat kerja. Meskipun dituntut untuk menjadi orang yang baik, ada pula orang yang justru terkesan 'terlalu baik' sebab memiliki sikap yang tidak enakan, tidak tegas, atau bahkan mudah menyetujui apa yang orang lain katakan. Tipe seperti ini justru terkesan tidak baik sebab menunjukkan ketidak-konsistenan dan karakter yang tidak stabil. Berikut dampak dari terlalu baik di tempat kerja!

Baca juga: Berikut Tips Mengurangi Gangguan di Tempat Kerja

1. Mudah Dimanfaatkan

Tanpa disadari kebaikan yang Anda perlihatkan dapat membuat orang lain untuk memanfaatkannya. Jika kurang yakin tentang ruginya menjadi orang yang terlalu baik di kantor, mungkin Anda bisa melihat bagaimana sikap rekan kerja lainnya kepada Anda. Apakah Anda sering merasa jika orang lain terus-menerus meminta bantuan kepada Kamu? Bukan menunjukkan jika Anda mampu, melainkan mereka lebih memanfaatkan kebaikan karena sangat sulit bagi Anda untuk menolaknya.

2. Sulit Membedakan Pertemanan dan Profesionalitas

Karena Anda adalah pribadi yang baik dan biasa berteman dengan mereka, makanya sadar atau tidak itu akan mempengaruhi profesionalitas Anda sendiri. Sesederhana Anda menoleransi rekan-rekan kerja yang menunda pekerjaannya padahal apa yang dia seharusnya kerjakan itu mempengaruhi pekerjaan Anda.

3. Tidak Sadar akan Kemampuan Sendiri

Salah satu kerugian yang mungkin bisa dirasakan adalah Anda tidak akan mampu menyadari kemampuan diri sendiri. Mungkin Anda memiliki kemampuan dalam satu bidang, tapi hal tersebut tidak akan terlihat karena Anda menyembunyikannya. Entah karena sungkan atau tidak ingin terlihat menonjol di hadapan orang lain. Dampaknya, Anda mengorbankan diri sendiri yang mungkin saja sebenarnya dapat lebih maju.

Baca juga: Berikut Alasan Tidak Buru-buru Cari Kerja Setelah Lulus

4. Banyak Merasa Rugi, Waktu serta Tenaga

Bersikap 'terlalu baik' juga membuat seseorang mudah dieksploitasi, khususnya bagi atasan. Atasan mungkin menganggap Anda sebagai orang yang dapat menyelesaikan pekerjaan tanpa banyak komplain meskipun waktu dan bobotnya sudah berlebihan. Tak jarang hal seperti ini akan menimbulkan rasa lelah, baik secara fisik maupun mental. Anda tentu jadi sulit memperoleh kesempatan untuk libur atau bahkan istirahat dari rutinitas pekerjaan.

5. Dianggap Hal yang Mencurigakan Bagi Rekan Kerja

Tidak semua orang memiliki sikap yang baik, termasuk dengan jalan pikirannya. Hal ini membuat tak sedikit orang bisa saja berpikir buruk mengenai dirimu. Jika Anda bersikap 'terlalu baik', sering kali akan memunculkan rasa curiga di benak rekan kerja lainnya. Bisa saja Anda akan mudah dicap sebagai penjilat atau bahkan cari muka pada atasan.

Sekian artikel tentang dampak terlalu baik di tempat kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Macam Bahaya yang Mengancam Ditempat Kerja


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar