Berikut Ciri Persaingan Tidak Sehat di Tempat Kerja
Siker.id | 03 Jan 2022 21:00


Bagikan ke
Ciri persaingan tidak sehat di tempat kerja. (siker)

siker.id - Persaingan merupakan hal yang sangat wajar didalam bentuk lingkup pekerjaan, di mana saat karyawan dituntut untuk menunjukkan loyalitas dan pengabdiannya kepada perusahaan. Sehingga, untuk melakukan hal tersebut terkadang banyak mereka yang bersaing. Selagi persaingan tersebut berjalan sportif atau sehat tidak masalah, namun jika persaingan tersebut bisa dikatakan tidak sehat maka ini akan meretakkan persatuan dan kesatuan karyawan. Lalu apa saja contoh persaingan yang dapat dikatakan tidak sehat didalam lingkup pekerjaan. Berikut ulasannya!

Baca juga: Sudah Siap Menghadapi Persaingan Kerja? Berikut Tipsnya!

1. Adu Domba

Budaya adu domba memang sudah ada sejak dahulu. Dengan adanya adu domba, maka akan timbul konflik yang menjadikan suasana menjadi tidak kondusif. Antar individu maupun kelompok saling menghasut sama lain sehingga memicu terjadinya perpecahan dan permusuhan. Jika Anda pernah menjumpai situasi tersebut, perlu diketahui hal itu merupakan salah satu bentuk persaingan yang tidak sehat.

2. Saling Menjatuhkan Satu Sama Lain

Saling menjatuhkan satu sama lain merupakan sifat yang identik dengan karakter orang-orang toxic. Jenis orang seperti ini bisa ditemukan di segala tempat. Mereka berusaha membuat citra diri orang lain terlihat buruk sehingga hanya dirinyalah yang terkesan paling unggul. Tentu ini menjadi hal yang patut diwaspadai. Saling menjatuhkan satu sama lain merupakan salah satu bentuk persaingan tidak sportif yang beresiko merugikan diri sendiri.

3. Curang

Perilaku curang memang masih menjadi hal yang lumrah dilakukan oleh banyak orang. Entah itu di lingkungan akademis, masyarakat sekitar, maupun lingkungan kerja. Perilaku curang seolah menjadi budaya yang sudah mengakar dengan kuat sehingga sulit dihilangkan. Ini tentu menjadi catatan penting untuk Anda yang terjebak di tengah-tengah budaya tersebut. Mungkin terdengar sepele, namun, pada kenyataannya terseret dalam perbuatan curang justru membuatmu tidak pernah tenang.

Baca juga: Bagaimana Menghadapi Persaingan di Dunia Kerja?

4. Mencari Kesalahan Karyawan Lain

Merupakan salah satu bentuk persaingan yang tidak sehat di mana masing-masing karyawan sibuk mengoreksi kesalahan-kesalahan yang ada pada karyawan lain. Dan mencari kelemahannya yang nantinya dapat digunakan untuk menjegal keberlangsungan karir dan pekerjaannya.

5. Sabotase

Salah satu tindakan yang dikatakan sangat fatal dan keterlaluan jika hal ini sudah dilakukan oleh para karyawan. Baik dengan melakukan sabotase pada hasil pekerjaan yang nantinya dapat merusak citra salah satu karyawan yang menjadi korban sabotase tersebut.

Sekian artikel tentang ciri persaingan tidak sehat. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Ciri Fake People di Tempat Kerja


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar