Berikut 5 Pekerjaan Buat yang Hobi Baca
Siker.id | 03 Jan 2022 20:00


Bagikan ke
Pekerjaan buat yang hobi membaca. (siker)

siker.id - Mempunyai hobi membaca adalah hal indah yang bisa dilakukan siapa saja. Tidak menutup kemungkinan, buku adalah benda sehari-hari yang bisa menjadi teman menghabiskan waktu senggang. Banyak hal yang akan didapat saat membaca buku-buku tersebut. Hobi membaca sering dikaitkan dengan sosok pendiam, dan menghabiskan waktu dengan menyendiri, padahal tidak selalu demikian. Nah, kalau Anda adalah salah satu orang yang mempunyai hobi membaca. Berikut adalah lima opsi pekerjaan yang bisa Anda coba.

Baca juga: Berikut 5 Pekerjaan dengan Tingkat Stres Rendah

1. Membuka Toko Buku

Kalau Anda sadari, saat ini banyak sekali toko buku online. Baik itu dalam bentuk website maupun melalui media sosial. Kalau Anda berjiwa bisnis dan suka terhadap buku, ini bisa menjadi pilihan. Anda bisa memberikan rekomendasi kepada calon pembelimu dengan cara menjual buku-buku bagus, berkualitas, dan menarik. Anda juga bisa sedikit memberikan referensi. Jangan ragu juga untuk menampilkan testimoni dari konsumenmu karena ini merupakan salah satu bagian pemasaran dan kepercayaan.

2. Penulis

Punya hobi membaca dan mengoleksi buku membuatmu perlahan menekuni dunia tulis menulis. Hal ini dikarenakan membaca dan menuliskan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Anda bisa menjalankan profesi ini dengan berbagai macam cara misalnya, menjadi jurnalis, blogger, novelis, bahkan editor. Medianya pun ada dua yaitu cetak dan online. Sesuaikan saja dengan minatmu. Menghasilkan suatu tulisan setidaknya Anda harus melakukan penelitian kecil dan membaca beberapa buku agar tulisanmu semakin menarik untuk dibaca.

3. Pencari Fakta

Salah satu profesi yang sangat cocok bagi Anda yang suka sekali membaca. Namun sayangnya, di Indonesia profesi yang seperti ini masih kurang populer. Ini menarik karena Anda berusaha mencari tahu lebih dalam mengenai asal-usul nama, peristiwa, tempat, kisah, bahkan mitos. Tidak hanya membaca saja, Anda juga bisa berkesempatan mengunjungi tempat yang ingin kamu ulas. Bekerja di media bisa merupakan batu loncatan untuk mendalami profesi sebagai pencari fakta. Dan Anda pun harus siap mental jika harus mengunjungi kawasan yang berbahaya.

Baca juga: Berikut 5 Pekerjaan yang Membutuhkan Jasa Freelancer

4. Editor Naskah

Pekerjaan ini bisa Anda coba apabila Anda tipe orang yang suka membaca dan mengoreksi kesalahan. Menjadi seorang editor yang menghabiskan waktu untuk membaca naskah-naskah sebelum buku diterbitkan, tentu harus punya ketelitian dan kesabaran. Seorang editor naskah tidak selalu bekerja di waktu yang sudah ditetapkan. Asalkan ada deadline, maka Anda bisa mengerjakan tugasmu sebagai editor sesuai waktu senggangmu.

5. Reviewer Buku

Kalau Anda hobi membaca buku dan mempunyai banyak koleksi, pekerjaan ini juga bisa dicoba. Menjadi seorang reviewer buku, maka harus membaca seluruh bagian yang akan di-review terlebih dahulu. Perlu latihan dan ketekunan sampai bisa membuat ulasan yang baik dan menarik. Nah, meski pekerjaannya cukup sederhana, namun tak semua orang bisa melakukannya. Apabila review Anda bagus, maka akan banyak tawaran buku yang diminta kamu review.

Sekian artikel tentang pekerjaan buat yang hobi membaca. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tanda Anda Belum Bahagia Dengan Pekerjaan


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar