icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut 5 Kemampuan yang Tidak Bisa Digantikan Teknologi
Siker.id | 03 Jan 2022 19:00


Bagikan ke
Kemampuan kerja yang tidak bisa digantikan teknologi. (siker)

siker.id - Kecanggihan teknologi mempermudah kehidupan tapi di saat yang bersamaan juga bisa mengancam pekerjaan. Banyak profesi yang sudah ditinggalkan dan digantikan oleh mesin dan AI (Artificial Intelligence). Namun tak semua pekerja akan diwakilkan oleh robot atau komputer karena beberapa kemampuan tetap tidak bisa digantikan. Anda yang sedang bersiap bersaing di dunia kerja, berikut kemampuan kerja atau skill yang patut dimiliki yang tidak akan bisa digantikan oleh teknologi. Berikut ulasannya!

Baca juga: Apa Saja Kemampuan yang Harus Dimiliki Pengusaha?

1. Complex Problem-Solving

Kemampuan akan complex problem-solving berada di peringkat pertama sebagai skills yang diperlukan oleh manusia untuk menghadapi revolusi industri ke-4. Percepatan dan perkembangan teknologi secara tidak langsung juga memberika masalah baru yang sulit untuk dipecahkan. Dengan memahami dan memiliki complex problem-solving skills, manusia dapat beradaptasi dan menyelesaikan masalah-masalah yang ada.

2. Kreatifitas

kreatifitas menjadi skill yang paling penting dan dibutuhkan dalam dunia kerja. kemampuan ini dapat memberikan inovasi-inovasi baru yang membawa perubahan dan kemudahan untuk masyarakat.

3. People Management

Memiliki kemampuan people management sangat dibutuhkan untuk seorang pemimpin di perusahaan ataupun leader project. Skill ini jelas tidak dapat digantikan oleh teknologi karena membutuhkan pendekatan human touch secara langsung. Sebagus apapun strategi bisnis jika pemimpin tidak memiliki kemampuan people management walaupun memiliki karyawan yang berkualitas, eksekusi projek pun tidak akan maksimal.

Baca juga: Simak ! Tips Melatih Kemampuan Problem Solving

4. Empati

Meski banyak pekerjaan sudah bisa digantikan robot, tetap saja sebuah mesin tidak bisa memiliki empati. Karena itu, profesi seperti dokter atau psikolog diprediksi tetap akan bertahan meski dunia sudah canggih. Mesin memang bisa menjalankan tugas tapi tidak dapat mengerti perasaan manusia. Karenanya, empati dan kemampuan interpersonal lain adalah sesuatu yang penting dan masih relevan di masa mendatang.

5. Penilaian

Penilaian yang dimaksud di sini digunakan dalam profesi-profesi seperti pengacara, jaksa, atau hakim. Bayangkan jika tugas hakim digantikan oleh mesin, mereka mungkin tidak akan dapat memberikan tuntutan dengan adil dan bijaksana. Penyelesaian konflik dan negosiasi paling baik dilakukan oleh manusia yang memiliki emosi juga akal sehat.

Sekian artikel tentang kemampuan yang tidak bisa digantikan oleh teknologi. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Ini Skill Yang harus Dikuasai Oleh Marketing


Editor: Theo Adi -

     

Komentar