Berikut 5 Cara Meyakinkan Klien Bisnis
Siker.id | 03 Jan 2022 15:00


Bagikan ke
Cara meyakinkan klien bisnis. (siker)

siker.id - Berhadapan dengan klien adalah salah satu tugas dari banyak orang. Berbicara dengan klien bukan melulu hanya soal menawarkan produk. Bertemu dengan klien bisa juga untuk membicarakan masalah kerjasama, yang diharapkan menguntungkan kedua belah pihak. Apa pun tujuannya, berbicara dengan klien tentu memiliki alasan atau tujuan. Untuk itu, klien perlu diyakinkan agar menyetujui apa yang Anda tawarkan, baik produk maupun kerjasama. Jika dibandingkan dengan dunia presentasi, maka klien adalah audiens dan Anda adalah si presenternya. Anda harus bisa meyakinkan klien, sama seperti presenter yang harus bisa meyakinkan audiensnya.

Baca juga: Berikut Tips Melakukan Presentasi Kerja Yang Menarik

1. Tarik perhatian

Presentasi yang kreatif dapat menarik perhatian klien. Misalnya gunakan gambar untuk menarik perhatian. Presentasi yang membosankan akan membuat klien tak tertarik dengan presentasi yang kita buat. Usahakan untuk melakukan pembawaan yang praktis sehingga klien tetap bisa fokus pada apa yang Anda presentasikan.

2. Fokus presentasi

Perhatikan tempat, waktu, dan cara berinteraksi yang baik dalam presentasi Anda. Usahakan untuk menetapkan topik dalam melakukan presentasi agar apa yang Anda presentasikan tetap fokus tanpa membahas tema yang lain.

3. Berikan solusi

Anda perlu mengetahui permasalahan yang sedang dihadapi klien. Setelah mampu mengidentifikasi masalah, Anda mulai bisa meyakinkan klien bahwa produk yang sedang Anda tawarkan dapat membantu menyelesaikan masalah.

Baca juga: Berikut Tips Agar Bisnis Bertahan dari Pandemi

4. Bicara Dengan Rileks

Rileks bukan berarti seenaknya. Rileks saat berbicara dengan klien adalah berbicara serius, namun dengan santai alias tidak kaku. Anggaplah klien sebagai teman yang Anda hormati, sehingga Anda bisa berbicara dengannya dengan obrolan yang mengalir. Gunakan bahasa atau kata-kata yang lebih akrab, namun mengena. Jika Anda berbicara dengan bahasa yang terlalu baku, klien malah akan merasa kikuk dan bingung.

5. Jadilah Pendengar yang Baik

Inilah yang sering dilupakan oleh banyak orang. Ketika kita berbicara, kita cenderung ingin berbicara, sehingga lupa bahwa kita juga harus mendengarkan. Saat berbicara dengan klien, bicaralah secukupnya. Kemudian, mintalah klien untuk menyampaikan pendapatnya. Saat klien bicara, dengarkan dan simak baik-baik. Dengan mendengarkan, maka Anda mungkin malah bisa mendapatkan cara yang lebih tepat untuk meyakinkannya.

Sekian artikel tentang tips meyakinkan klien bisnis. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tips Memulai Bisnis Bagi Pemula


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar