icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Tips Menjaga Kesehatan Ditempat Kerja
Siker.id | 03 Jan 2022 12:00


Bagikan ke
Tips menjaga kesehatan selama ditempat kerja. (siker)

siker.id - Jika dihitung-hitung, sebagian besar waktu kita ternyata lebih banyak dihabiskan di tempat kerja. Beruntung bagi Kamu yang pekerjaanya fleksibel dan tidak harus selalu berada di kantor, tetapi faktanya tidak sedikit yang harus selalu berada di kantor, di depan komputer sepanjang hari kerja. Selain waktu yang banyak dihabiskan di kantor, gaya hidup tidak sehat, kurang olahraga, dan sering mengonsumsi makanan cepat saji secara terus menerus juga menjadi penyebab meningkatnya risiko gangguan kesehatan dan kelebihan berat badan. Jika kebiasaan itu tidak segera Kamu ubah, tidak hanya badan yang tidak terjaga, tapi produktivitas pekerjaan Kamu juga tidak akan maksimal. Berikut ini tips menjaga Kesehatan selama bekerja.

Baca juga: Berikut Tips Bersaing Sehat Dalam Dunia Kerja

1. Tetap Aktif Bergerak

Minimal waktu kerja yang dihabiskan para pekerja di kantor adalah 8 jam setiap harinya. Itu berarti, selama itu pula mata harus terus menatap komputer. Durasinya bisa semakin bertambah apalagi bila ada pekerjaan tambahan yang harus diselesaikan. Rasa pegal sering sekali menyerang para pekerja kantoran dan dapat mengganggu konsentrasi ketika kerja. Karena itu, tetaplah aktif meskipun sementara berada di kantor. Anda bisa memulai pagi dengan menambah jarak berjalan kaki. Alangkah baiknya memilih fasilitas tangga ketika hendak menuju tempat lain dari pada menggunakan lift.

2. Jangan Lupa Minum Air Putih

Air putih merupakan minuman yang wajib dikonsumsi setiap orang. Dengan minum air putih dalam jumlah yang cukup, bisa menghindarkan Anda dari gangguan dehidrasi serta kehilangan konsentrasi selama bekerja. Kadang ketika berada di dalam ruangan yang memiliki AC, Anda jarang merasa kehausan. Padahal tubuh terus menerus membutuhkan air untuk memperlancar metabolisme. Karena itu, sebaiknya minumlah air putih maksimal 8 gelas sehari untuk memelihara kesehatan.

3. Jaga Pola Makan

Cara yang ampuh untuk mewujudkan kesehatan bagi pekerja kantoran adalah menjaga pola makan. Tak bisa dimungkiri, di sekitar lingkungan kantor tersedia banyak menu makanan yang enak juga murah. Apalagi sekarang layanan pesan antar makanan sudah menjamur. Namun sebelum memesan, pastikan makanan tersebut sehat bagi tubuh. Sebisa mungkin hindari mengonsumsi junk food. Sekarang banyak restoran cepat saji yang juga menyediakan menu makanan sehat. Jangan lupa kontrol asupan gula yang masuk ke dalam tubuh. Lebih baik memilih kopi atau teh tanpa gula dari pada memesan milk shake. Kemudian ganti camilan seperti donat atau gorengan dengan potongan buah atau cokelat hitam.

Baca juga: Berikut Ini Tips Hidup Sehat Saat Bekerja

4. Tetap Menjaga Kebersihan Diri dan Tempat Kerja

Hal lain yang bisa dilakukan untuk bisa tetap sehat di tempat kerja adalah dengan menjaga kebersihan dan kerapihan meja kantor. Anda bisa melakukan pembersihan keyboard minimal 1 minggu sekali. Jangan lupa juga untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan atau melakukan aktivitas lainnya. Sediakan juga pembersih tangan atau hand sanitizer.

5. Jangan Lupa untuk Bersosialisasi

Ini hal sederhana tapi sering diremehkan. Bersosialisasi di dalam lingkungan tempat kerja sangat penting untuk dilakukan. Dengan bersosialisasi dengan rekan kerja, Anda dapat menambah wawasan baru, bisa membangun koneksi dengan orang lain yang mungkin akan bermanfaat untuk masa depan dan bisa saling membantu jika terjadi kesulitan dalam hal pekerjaan maupun hal lainnya. Selain itu, meningkatkan tatap muka secara langsung juga sebaiknya mulai dibiasakan.

Sekian artikel tentang tips menjaga Kesehatan ditempat kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Awas ! Tanda Perusahaan Tidak Sehat, Selengkpanya


Editor: Theo Adi -

     

Komentar