icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Apa Perbedaan Work Hard dan Work Smart?
Siker.id | 02 Jan 2022 16:45


Bagikan ke
Perbedaan work hard dan work smart. (siker)

siker.id - Apakah Anda pernah mendengar orang mengatakan, “Bekerjalah dengan keras karena kerja keras tidak akan membohongi hasil.” Atau malah ada yang berkata sebaliknya, “Work smart lebih baik dari pada work hard, karena percuma bekerja keras kalau gak punya strategi.” Dua pernyataan ini pastinya bikin Anda bingung ‘kan? Mana yang lebih baik, work hard atau work smart? Berikut ini perbedaan dari work hard dan work smart.

Baca juga: Berikut Perbedaan WFH dan Remote Working

1. Work Hard Bekerja Tanpa Batas Waktu

Dengan bekerja keras artinya Anda memiliki mental kuat dan gigih dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Namun tidak jarang kegigihan tersebut bikin Anda jadi lupa waktu sehingga bekerja melewati batas normal. Anda bekerja seharian tanpa istirahat yang cukup. Bahkan tak ada waktu untuk sekadar beristirahat atau pergi liburan. Akibatnya Anda jadi rentan mengalami stres.

2. Work Smart Punya Manajemen Waktu Baik

Beda dengan kerja keras, orang yang bekerja dengan cerdas umumnya dapat mengatur waktu dengan lebih baik. Anda akan membuat daftar prioritas agar bisa mengatur ulang pekerjaan mana yang harus segera diselesaikan, serta mana yang memakan waktu lebih lama. Dengan begitu Anda bisa memiliki waktu luang untuk melakukan hal lain di luar pekerjaan, seperti berolahraga atau menekuni hobi lainnya.

3. Work Hard Bekerja Tanpa Tahu Cara Kerja Efektif

Kebanyakan dari mereka yang work hard memegang prinsip, “Pokoknya kerja!” tanpa mengetahui strategi yang baik untuk memaksimalkan performa mereka. Oleh sebab itu, hasil pekerjaan mereka umumnya monoton dan terkadang tidak memenuhi harapan.

Baca juga: Mengapa Banyak Orang Masih Suka Menjadi Freelancer?

4. Work Smart Tahu Cara Bekerja Efektif Mungkin

Jika Anda memilih work smart, Anda akan terlebih dulu membuat sistem bekerja sebelum melemparkan dirimu pada setumpuk tugas. Dengan begitu, Anda jadi bisa menyelesaikan tugas-tugas itu dengan lebih cepat tanpa harus membuat dirimu terlalu capek. Anda juga bisa memaksimalkan kinerjamu jika didukung dengan perangkat komputer yang canggih.

Sekian artikel tentang perbedaan antara work hard dan work smart. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 5 Sikap yang Menunjukkan Tidak Profesional


Editor: Theo Adi -

     

Komentar