Berikut Tips Membangun Karir Bagi Fresh Graduate
Siker.id | 02 Jan 2022 14:30


Bagikan ke
Memmbangun karir bagi fresh graduate. (siker)

siker.id - Lulus dari bangku kuliah merupakan langkah awal untuk memasuki dunia kerja. Mulai meniti karier dari ilmu yang sudah ditimba selama bertahun-tahun. Ilmu tersebut dipraktikkan dalam dunia kerja, sehingga Anda bisa mulai mengasah kemampuan dan keterampilan. Dunia kerja adalah dunia yang sesungguhnya. Anda harus betul-betul mandiri dari mulai melamar pekerjaan, seleksi, hingga akhirnya lolos dan bekerja di perusahaan yang dilamar. Buat yang lulusan baru atau fresh graduate, jangan minder. Percaya pada kemampuan sendiri dan terus belajar adalah kunci untuk menggapai kesuksesan dalam berkarier. Berikut ini tips sukses bangun karir bagi fresh graduate.

Baca juga: Berikut Karir yang Akan Berkembang di Tahun 2022

1. Tekuni Passion

Hal pertama yang harus disadari adalah menemukan passion. Tidak mudah memang menemukan passion, kamu cukup pahami tentang passion adalah kecenderungan atau keinginan dalam menekuni suatu bidang. Bagi seorang fresh graduate memiliki passion penting karena akan meningkatkan performance, achievement, atau hasil-hasil yang akan dicapai.

2. Terus Berlatih

Setelah menemukan passion kamu tidak boleh puas begitu saja, kamu harus terus berlatih terhadap bidang yang akan ditekuni. Baik terkait cara kerja, menghadapi maupun menyelesaikan persoalan.Selain itu, meningkatkan keterampilan dan pengetahuan guna memperkuat kemampuan dalam bekerja dan meningkatkan pencapaian.

3. Harapan atau Target

Memiliki harapan target saat bekerja cukup penting. Melalui target inilah kamu bisa memunculkan energi atau semangat untuk dapat bekerja lebih baik lagi.

Baca juga: Bagaimana Memanfaatkan Media Sosial Untuk Menunjang Karir?

4. Mengenali Potensi Diri Sendiri

Setelah beberapa bulan bekerja, kamu tidak mungkin langsung mengajukan resign karena alasan pekerjaan tersebut tidak sesuai dengan passion. Mengajukan resign tidak semudah itu, apalagi kalau kamu sudah terikat kontrak kerja selama bertahun-tahun. Sebelum Anda melamar kerja di sebuah perusahaan, kenali dulu potensi diri sendiri agar posisi yang Anda lamar betul-betul sesuai dengan passion Anda.

5. Menguasai Satu Skill Tertentu

Perkembangan teknologi yang semakin maju harus diimbangi dengan sumber daya manusia yang berkualitas. Untuk itu, para fresh graduate dituntut untuk menguasai skill tertentu, tidak hanya untuk mengalahkan para pesaing, tapi juga melibas teknologi yang mulai menggantikan peran manusia dalam kegiatan operasional perusahaan. Skill ini tidak hanya berguna saat memasuki dunia kerja saja, namun juga berguna untuk keberlangsungan hidup kamu di kemudian hari.

Sekian artikel tentang tips membangun karir bagi fresh graduate. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tips Meniti Karir Meski Beda Jurusan


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar