Berikut Karir yang Akan Berkembang di Tahun 2022
Siker.id | 01 Jan 2022 09:15


Bagikan ke
Karir yang akan semakin berkembang pada tahun 2022. (siker)

siker.id - Perkembangan zaman turut berdampak pada jalur karier. Salah satu perubahan dalam jalur karier tersebut adalah kini banyak perusahaan yang mengesampingkan gelar akademik dan nilai IPK. Pasalnya perusahaan lebih fokus mencari individu-individu yang terampil di bidang tertentu sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Persoalannya, permintaan akan keterampilan dari para pencari kerja juga berubah seiring dengan perkembangan zaman. Selain itu, sebagian besar kandidat yang dicari adalah mereka yang memiliki keterampilan di bidang digital. Berikut ini karir yang akan berkembang pada tahun 2022 nanti.

Baca juga: Berikut 6 Situs Untuk Pencari Kerja

1. Kesehatan

Pandemi COVID-19 telah menyebabkan dunia kesehatan kekurangan tenaga kerja. Sebuah penelitian bahkan menyebut bahwa lebih dari sepertiga pekerja kesehatan berpikir untuk meninggalkan profesinya. Hal ini menyebabkan industri kesehatan menempati peringkat teratas sebagai salah satu industri dengan tenaga kerja yang semakin dibutuhkan. Tren prospek karier di bidang kesehatan di tahun 2022 tidak hanya untuk dokter ataupun perawat. Lulusan jurusan farmasi ataupun kesehatan masyarakat juga memiliki kesempatan di bidang ini.

2. Teknologi Informatika (IT)

Selain kesehatan, IT adalah salah satu bidang yang berkembang pesat selama pandemi. Tren prospek karier ini akan semakin menjanjikan di tahun 2022. Berkembangnya tren work from home ataupun kerja remote membuat kebutuhan tenaga kerja di bidang ini semakin meningkat. Bertambahnya kebutuhan inovasi pada website, software, hingga aplikasi mobile juga menjadi faktor lainnya.

3. Supply Chain Management

Meski tidak mengejutkan, pandemi COVID-19 telah mengubah gaya hidup konsumen. Fenomena panic buying yang sempat terjadi di awal pandemi telah menuntut bisnis retail untuk meningkatkan layanannya. Terutama pada layanan pesan-antar. Protokol kesehatan yang ketat membuat konsumen lebih memilih untuk memesan produk secara online dan dikirimkan langsung ke rumah alih-alih membelinya langsung secara offline. Akibatnya, bidang ini membutuhkan lebih banyak tenaga kerja dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Baca juga: Berikut Ini Keuntungan Jalan Karir Specialist

4. Ilmu Data atau Data Science

Profesi sebagai data scientist juga disinyalir bakal sangat dibutuhkan dalam satu hingga lima tahun ke depan. Pasalnya, pembuatan data global diproyeksikan tumbuh lebih dari 180 zettabytes pada tahun 2025. Belum lagi jika melihat bisnis sekarang ini mengandalkan data yang dihasilkan oleh jutaan pelanggan, karyawan, dan pengguna di seluruh dunia. Perusahaan tentu mengandalkan ilmuwan data untuk memecahkan kode, membangun produk, dan meningkatkan pengalaman pelanggan.

5. Keamanan Siber

Cyber security juga disebut-sebut bakal menjadi jalur karier yang sangat diminati tahun 2022 nanti. Apalagi jika melihat banyaknya pengguna internet dan media sosial yang datanya disalahgunakan. Pelanggaran data dan kebocoran informasi pribadi menelan setidaknya 533 juta korban pengguna Facebook dari berbagai negara. Sementara di LinkedIn, tercatat ada 700 juta data pengguna yang dijual di situs ilegal (data hingga Juni 2021). Maka itu, banyak perusahaan yang menyadari pentingnya keamanan siber untuk melindungi jaringan dan karyawan mereka.

Sekian artikel tentang karir yang akan berkembang di tahun 2022. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Keuntungan Jalan Karir Generalist


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar