Bagaimana Memanfaatkan Media Sosial Untuk Menunjang Karir?
Siker.id | 31 Dec 2021 19:00


Bagikan ke
Memanfaatkan media sosial untuk menunjang karir. (siker)

siker.id - Media sosial dapat menjadi selingan yang menyenangkan dari pekerjaan sehari-hari kantor. Namun, media sosial juga dapat menjadi alat yang berguna untuk memajukan karir Anda, jika Anda tahu cara menggunakannya. Bukan hanya membuat daftar resume Anda di LinkedIn dan atau menyukai minat yang sama dengan bos Anda di Facebook. Hal itu hanya langkah pertama bagi Anda untuk memulai karir. Anda harus menggunakan media sosial untuk memperluas jaringan (professional branding) untuk membantu Anda menemukan pekerjaan atau menumbuhkan karier Anda. Berikut tips memanfaatkan media social untuk menunjang karir.

Baca juga: Berikut Tips Membangun Personal Branding di Media Sosial

1. Ikuti influencer di industri Anda

Dapatkan beberapa saran dan bimbingan harian (dan bahkan perluas jaringan profesional Anda) dengan mengikuti orang-orang besar di bidang Anda. Atau, periksa cuapan mereka di Twitter dan LinkedIn mereka agar Anda dapat mengikuti beberapa kiat karir umum yang dibagikan mereka.

2. Berkomentarlah pada postingan mereka

Ketika Anda berbagi, berkomentar, atau menyukai sesuatu pada postingan orang lain di media sosial Anda, orang lain akan melihatnya. Hal ini menandakan Anda sedang mempromosikan diri pribadi Anda dan menjadi pemimpin pemikiran di ruang komentar Anda hanya dengan mengklik tombol. Bagikan, beri komentar dengan pikiran Anda, atau tandai orang-orang yang mungkin juga menyukainya.

3. Milikilah foto profesional

Apakah foto LinkedIn Anda merupakan foto wajah Anda yang diperbesar di tengah kerumunan orang banyak dan terlihat buram? Tukarlah foto profil Anda dengan foto wajah Anda yang terlihat jelas dengan latar belakang yang sederhana. Apakah foto profil Facebook Anda memiliki terlalu banyak minuman atau hal lain yang kurang tepat? Mengapa tidak menukarnya dengan foto yang menampilkan wajah Anda secara jelas? Apakah Twitter Anda kekurangan foto Anda? Tambahkanlah foto lainnya.

Baca juga: Apa Pengaruh Sosial Media Dalam Peningkatan Karir?

4. Tulis informasi pribadi Anda

Ya, sangatlah penting untuk memasang foto terbagus yang Anda miliki pada media sosial Anda, apalagi jika Anda sedang melamar di sebuah pekerjaan. Yang tidak kalah penting adalah tulislah informasi pribadi tentang diri Anda. Anda tidak perlu menjelaskannya terlalu spesifik. Jelaskan saja gambaran umum yang benar-benar menggambarkan diri Anda dengan jelas.

5. Kurasi konten

Permudah orang-orang mengikuti Anda dengan membuat kalender konten. Idealnya, Anda harus berbagi postingan secara rutin agar orang-orang memperhatikannya, tetapi jangan terlalu sering agar postingan Anda tidak mengganggu mereka. Ini bisa mengambil bentuk artikel berita yang menarik, komentar singkat tentang berita atau potongan pendapat pemikiran kepemimpinan Anda sendiri.

Sekian artikel tentang memanfaatkan media social untuk karir. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Apa Saja Hak Jaminan Sosial dalam Dunia Kerja?


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar