icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Tips Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Berlibur
Siker.id | 31 Dec 2021 15:30


Bagikan ke
Mengembalikan semangat kerja setelah berlibur. (siker)

siker.id - Semua orang tanpa terkecuali pasti menyukai dan menunggu-nunggu masa liburan. Bagaimana tidak? Setelah setiap hari berjerih payah mengumpulkan uang, liburan sangat bermanfaat untuk menjadi pelepas penat dalam pikiran. Jadi, tidak heran banyak orang yang menghabiskan masa liburannya dengan bersantai-santai, pergi ke daerah yang tenang, atau juga pergi ke tempat wisata. Namun, setelah masa liburan sudah selesai, masalah kembali muncul. Perasaan liburan yang menyenangkan itu sulit dihilangkan sehingga semangat untuk kembali bekerja jadi turun. Mungkin banyak dari kamu yang juga merasakan hal ini setelah liburan. Ini adalah masalah yang bisa berdampak buruk jika dibiarkan terlalu lama, bisa saja pekerjaan menjadi berantakan sehingga kena teguran dari atasan. Berikut tips mengembalikan semangat kerja setelah berlibur.

Baca juga: Berikut Ini Tips Kerja Cerdas di Tempat Kerja

1. Buat kembali jadwal kegiatan

Selama liburan, jadwal kegiatan yang biasanya Anda lakukan pasti jadi terbengkalai. Supaya Anda ingat kembali kegiatan apa saja yang harus dilakukan, tidak ada salahnya jika Anda membuat ulang jadwal kegiatan mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali. Selain itu, Anda juga perlu membuat to do list dan not to do list.

2. Segera menyesuaikan diri dan kembali aktif

Kembali pada rutinitas biasanya setelah liburan, tidaklah mudah. Untuk mengatasi rasa malas, Anda perlu mengubah kebiasaan-kebiasaan di saat liburan. Jadi, Anda perlu menyisihkan hari libur untuk membuat jadwal dan mengikuti jadwal untuk melatih diri kembali pada kebiasaan yang disiplin. Anda bisa lakukan penyesuaian untuk kembali aktif tersebut dengan segera atau secara bertahap dengan waktu tidak lebih dari dua minggu.

3. Tentukan alasan dan motivasi kenapa Anda tidak boleh malas

Tahukah Anda jika kebiasaan dan pola pikir seseorang itu tidak jauh berbeda dengan orang-orang di sekitarnya? Ya, hal ini dapat berpengaruh pada motivasi kerja seseorang. Contohnya, rekan kerja yang malas, bisa membuat Anda ikut merasa malas. Padahal Anda sudah punya niat untuk kembali semangat dalam bekerja kerja. Jika berada dalam situasi demikian, kunci untuk menghadapinya adalah harus mampu memotivasi diri sendiri. Sederhananya, jika Anda malas bekerja, pekerjaan akan terus menumpuk dan pada akhirnya, hasil pekerjaan jadi tidak memuaskan. Sebaliknya, jika Anda semangat bekerja, pekerjaan selesai tepat waktu dan Anda mendapat pujian dari atasan.

Baca juga: Berikut 5 Dampak Terlalu Percaya pada Rekan Kerja

4. Mulai Bekerja Secara Perlahan

Setelah liburan pasti banyak pekerjaan yang menumpuk dan menunggu untuk diselesaikan. Tenang saja, jangan panik karena ini adalah hal yang normal. Pokoknya lakukan saja pekerjaan itu dengan perlahan-lahan. Jangan terburu-buru untuk menyelesaikannya karena mood dan pikiran Anda masih belum sepenuhnya fokus pada pekerjaan itu.

5. Atur Waktu Dengan Bijaksana

Pekerjaan yang menumpuk mendorong Anda untuk lembur? Jangan lakukan ini, karena bisa merusak semua hal baik yang sudah Anda ciptakan selama liburan kemarin bersama keluarga dan orang terdekatmu. Lakukan pekerjaanmu semaksimal mungkin di waktu kerja yang sudah ditentukan. Tapi ketika saatnya selesai kerja, pakailah waktu untuk memperhatikan keluargamu. Ingatlah mereka jauh lebih penting dari pekerjaanmu.

Sekian artikel tentang tips mengembalikan semangat kerja setelah berlibur. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 5 Pertimbangan Dalam Memilih Sistem Kerja


Editor: Theo Adi -

     

TAG :

Komentar