Berikut Pentingnya Perencanaan Karir Sejak Dini
Siker.id | 31 Dec 2021 14:00


Bagikan ke
Pentingnya perencanaan karir sejak dini. (siker)

siker.id - Siapa yang ingin melanjutkan kuliah setelah lulus sekolah? Sebagian besar dari kalian pasti ingin menuntut ilmu lebih lanjut di dunia kuliah. Dunia kuliah merupakan tempat kalian belajar ilmu yang akan kalian gunakan saat kerja. Ada ilmu yang bersifat hard skill maupun soft skill. Nah, buat Anda yang baru ingin melanjutkan kuliah atau justru sedang menjalani perkuliahan, perencanaan karier yang terarah dan matang perlu disiapkan. Perencanaan karier yang terarah dan matang nantinya akan membawa banyak manfaat. Apa saja manfaatnya?

Baca juga: Berikut Tips Menemukan Passion Untuk Karir

1. Memetakan Karir Sebelum Lanjut Pendidikan

Memikirkan pekerjaan di masa depan memang perlu perencanaan yang baik, termasuk buat Anda yang merasa butuh pendidikan lanjut. Yang perlu Anda tahu, tidak semua pekerjaan butuh pendidikan lanjut atau gelar tertentu. Petakan terlebih dahulu rencana pekerjaan yang Anda inginkan, kemudian renungkan dan cari tahu apakah jalan hidup itu butuh gelar lebih tinggi. Anda bisa undur keinginan untuk kuliah lagi, karena ada banyak kemungkinan yang tersedia.

2. Jaga Performa Akademik

Perencanaan karir tidak bisa dilakukan secara tiba tiba. Tidak sedikit yang akan bilang kalau Anda harus merencanakan dari jauh jauh hari, bahkan saat masih di bangku kuliah. Mengapa? Karena satu aspek yang tidak bisa dihindari adalah status akademik. Memang IPK bukan segalanya, bahkan mereka yang lulus cumlaude pun tidak selalu sukses. Tapi jangan Anda remehkan nilai tersebut. IPK bisa jadi tolak ukur kemampuan, keseriusan, dan tanggung jawab kamu selama jadi mahasiswa.

3. Mengasah Soft dan Hard Skill

Sama dengan nilai IPK, pastikan Anda juga belajar sebanyak banyaknya sejak di bangku kuliah. Kalau tidak yakin soal akademik, asah saja soft dan hard skill Anda. Jangan cuma berpikir untuk masuk kelas, absensi, kerjakan tugas, dan dapat nilai. Tapi pelajari skill yang bisa beri nilai penting dalam hidup dan berfungsi untuk tujuan karir fresh graduate. Biasanya, hard skill masih nyambung dengan pelajaran dan jurusan yang Anda ambil. Di luar kemampuan itu, Anda juga wajib asah softskill yang biasanya berkaitan dengan ilmu yang lebih luas.

Baca juga: Berikut 6 Faktor Yang Mempengaruhi Karir Seseorang

4. Menambah wawasan yang lebih luas tentang dunia kerja

Saat Anda merencanakan karier impian, tentu kalian akan berusaha mencari sebanyak mungkin. Apalagi, jika kalian merasa kurang mendapatkan informasi hanya lewat bangku kelas. Manfaat pertama yang kamu akan rasakan adalah wawasan tentang dunia kerja akan lebih luas. Dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang dunia kerja, kalian akan banyak mengetahui perkembangan dunia kerja, jenis pekerjaan yang banyak dicari.

5. Kesempatan untuk mencari tahu passion dan karier impian

Perencanaan karier yang terarah dan matang akan membantu Anda mengetahui passion dan karier impian yang sesungguhnya. Merencanakan karier sejak kuliah juga akan membuatmu paham tentang bidang apa saja yang Anda geluti setelah lulus nanti. Anda juga bisa menilai apakah bidang yang Anda ambil nanti sudah sesuai dengan jurusan yang Anda ambil saat ini. Dengan perencanaan tersebut, Anda bisa menggali potensi yang ada di dalam diri kalian.

Sekian artikel tentang pentingnya perencanaan karir sejak dini. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tips Busana Stylish Untuk Wanita Karir


Editor: Theo Adi -

0     0    

TAG :

Komentar