icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Tips Membuat Surat Lamaran Dalam Bahasa Inggris
Siker.id | 31 Dec 2021 11:30


Bagikan ke
Tips membuat surat lamaran dalam bahasa inggris. (siker)

siker.id - Di era globalisasi saat ini, pekerjaan sudah banyak yang memerlukan Bahasa Inggris. Kebutuhan perusahaan terhadap karyawan juga semakin meningkat dengan keahlian untuk bisa berbahasa Inggris baik lisan maupun tulisan. Kecakapan dalam Bahasa Inggris tersebut harus dimulai saat akan melamar kerja. Para pelamar harus menunjukkan dirinya mampu berbahasa Inggris dengan melampirkan, sertifikat kecakapan Bahasa Inggirs bisa berupa TOEFL atau IELTS serta CV dan surat lamaran Kerja berbahasa Inggris. Untuk membuat surat lamaran kerja dalam Bahasa Inggris ada beberapa kiat yang bisa dilakukan agar memiliki tampilan menarik dan membuat rekruter mau membaca dan membuka kesempatan agar bisa diterima kerja. Berikut ulasannya!

Baca juga: 6 Alasan Mengapa Surat Lamaran Kerja Sering Ditolak

1. Personalisasi

Hindari menggunakan format dan kata-kata yang sama persis (template) pada setiap lowongan pekerjaan yang Anda lamar. Setiap surat lamaran harus dipersonalisasi, disesuaikan dengan jenis pekerjaan dan tipe perusahaan — sama halnya seperti resume atau CV Anda. Pelajarilah posisi pekerjaan yang akan dilamar dengan hati-hati, dan buatlah daftar singkat tentang apa saja kualifikasi penting yang dibutuhkan.

2. Perhatikan isi surat

Isi surat lamaran kerja terbagi menjadi empat paragraf singkat. Paragraf pertama menjelaskan pekerjaan yang kamu lamar dan dari mana kamu mendapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan tersebut. Paragraf kedua, jelaskan mengenai pengalaman dan kemampuanmu, serta alasan mengapa kamu adalah calon yang tepat untuk menempati lowongan pekerjaan tadi. Di paragraf ketiga, sampaikan ucapan terima kasihmu kepada perekrut. Sementara di paragraf keempat, jangan lupa cantumkan jika kamu sudah tidak sabar menanti follow-up dari perekrut terkait lamaran yang kamu kirim.

3. Periksa lagi grammar-nya

Teliti kembali surat lamaranmu sebelum mengirimkannya. Pastikan tidak ada kesalahan grammar, typo, atau kesalahan penulisan lainnya. Selain memperhatikan empat hal tadi, simak juga beberapa tips agar surat lamaran kerjamu punyamu lolos seleksi HRD! Gunakan jenis font standar yang jelas dan mudah dibaca, misalnya Times New Roman ukuran 12. Hindari menggunakan huruf yang terlalu mencolok (tebal dan terlalu rumit). Hindari menggunakan kertas berwarna dan atau bermotif. Pilihlah kertas putih polos. Pastikan menulis menggunakan pena hitam. Jika lamaran dikirim ia email, biarkan font tetap berwarna hitam.

Baca juga: Stop! Hindari Kesalahan Ini Dalam Pembuatan Surat Lamaran

4. Menggunakan Bahasa Inggris Formal

Sudah menjadi hal yang mutlak dalam pembuatan cover letter atau surat lamaran kerja penting untuk menggunakan bahasa formal agar terlihat profesional di mata perekrut. Meski demikian, kita tidak ingin bahasa tersebut terlalu kaku dan terkesan seperti robot sehingga memberikan gambar kurang ramah ataupun dapat bekerja sama dengan orang lain. Cara untuk mengatasi hal itu adalah dengan menggunakan kata-kata yang lebih ekspresif dalam bahasa Inggris yang menggambarkan atau mengekspresikan diri Anda yang sebenarnya tanpa melanggar aturan tata bahasa yang ada.

5. Tutup Surat dengan Kalimat Penutup yang Baik

Setelah berpanjang lebar dengan kaidah sebelumnya, Anda dapat mengakhir kalimat dengan kesan yang dalam. Jangan lupa untuk memasukkan visi maupun misi yang dimiliki perusahaan tersebut yang berhubungan dengan kemampuan diri sendiri!

Sekian artikel tentang tips membuat surat lamaran dalam Bahasa inggris. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar


Editor: Theo Adi -

     

Komentar