Mengapa Banyak Orang Masih Suka Menjadi Freelancer?
Siker.id | 30 Dec 2021 17:15


Bagikan ke
Banyak orang masih suka menjadi freelancer. (siker)

siker.id - Sekarang cukup banyak milenial menjadi freelancer. Walaupun sering dipandang sebelah mata, tapi pekerjaan freelance pun bisa mendatangkan berbagai macam keuntungan bagi pelakunya. Ada berbagai macam alasan milenial lebih suka menjadi freelancer. Walaupun pekerjaan ini dikatakan untuk orang malas, tapi sebenarnya hal itu jauh dari yang dibayangkan. Freelancer bisa jadi sosok yang rajin bekerja. Yang malas justru adalah orang yang tidak bekerja sama sekali dan hanya bergantung pada orang lain. Di bawah ini adalah alasan banyak orang terutama kaum milenial memilih bekerja sebagai freelancer.

Baca juga: Berikut Tips Menjadi Freelancer Yang Handal

1. Tidak terikat Aturan Tempat Kerja

Di era perkembangan teknologi seperti saat ini lapangan kerja yang tersedia juga semakin luas. Salah satu yang cukup diminati oleh kawula muda adalah freelance. Menjadi seorang freelancer itu artinya Anda adalah seorang pekerja lepas yang tidak terikat dengan perusahaan tertentu. Ini tentu pilihan yang tepat bagi Anda yang cenderung suka dengan kebebasan. Anda tidak harus datang ke tempat kerja sesuai jadwal yang ditetapkan, memakai seragam tertentu, maupun terikat dengan aturan perusahaan.

2. Bisa Bekerja Dimanapun

Menjalani pekerjaan sebagai seorang freelancer memang fleksibel dan penuh dengan kebebasan. Jika mereka yang menjalani pekerjaan secara part time atau full time harus datang ke tempat kerja sesuai dengan jadwal dan aturan yang ditetapkan, maka lain halnya dengan freelancer. Anda bisa bekerja di manapun sesuai dengan kenyamananmu. Entah itu berdiam diri di rumah, pergi ke tempat yang bisa memberikan insipirasi, maupun mengerjakannya di tempat yang tenang. Selama jaringan internet tersedia, di situlah Anda bisa menjalankan pekerjaan.

3. Bebas Mengatur Kapan Bekerja dan Libur

Selain fleksibel dari segi lokasi bekerja, menjalani pekerjaan sebagai seorang freelancer juga fleksibel dari segi waktu. Jika mereka yang bekerja di perusahaan atau instansi tertentu harus datang tepat waktu sebagaimana aturan yang telah ditetapkan, maka itu tidak berlaku untukmu. Menjadi seorang freelancer, Anda memiliki kebebasan mengatur waktu. Anda bebas apakah memulai kerja di pagi, siang, sore hari, atau di sela-sela waktu luang. Anda bisa libur di saat yang lain sedang bekerja maupun sebaliknya.

Baca juga: Apa Tantangan Yang Dihadapi Pekerja Freelance?

4. Bisa Mengerjakan Beberapa Proyek Sekaligus

Alasan milenial lebih suka menjadi freelancer berikutnya adalah karena mereka bisa memilih mengerjakan beberapa proyek sekaligus. Proyek tersebut berasal dari perusahaan yang berbeda. Hal itu karena mereka tidak punya kontrak dan tidak diharuskan setia pada satu perusahaan saja. Freelancer bisa mengambil proyek dari mana saja yang sesuai dengan kemampuannya. Inilah yang membuat mereka bisa mendapatkan bayaran yang cukup banyak. Padahal mereka tidak mendapatkan gaji tetap.

5. Bisa Memiliki Waktu untuk Keluarga

Alasan milenial lebih suka menjadi freelancer yang lain adalah karena mereka jadi punya waktu banyak untuk keluarga. Sering ditemukan kejadian orang-orang yang tidak sempat berkumpul bersama keluarganya karena terlalu sibuk bekerja. Padahal membina hubungan yang baik bersama keluarga itu penting. Keluarga akan selalu ada untuk kita, sementara itu kantor belum tentu punya kepekaan yang sama.

Sekian artikel tentang alasan banyak orang memilih freelancer. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Daftar Pekerjaan Freelance Yang Dicari Orang


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar