Berikut 5 Dampak Terlalu Percaya pada Rekan Kerja
Siker.id | 30 Dec 2021 14:45


Bagikan ke
Dampak terlalu percaya pada rekan kerja. (siker)

siker.id - Memiliki teman seperjuangan di tempat kerja yang mengejar karier di bidang yang sama tentu menyenangkan, yang mana kalian bisa saling menguatkan dan memberi support pada satu sama lain. Akan tetapi terlepas daripada hal itu Anda juga tidak boleh lupa bahwa pada dasarnya dunia kerja dipenuhi persaingan, mulai dari yang bersaing secara suportif hingga yang rela berbuat curang demi mengalahkan yang lain. Sehingga dalam menjalin kedekatan dengan rekan kerja pun mestinya kamu berhati-hati. Begitu juga dalam mempercayai mereka, bahkan kalau bisa jaga jaraklah sebisanya. Berikut ini penjelasannya!

Baca juga: Bagaimana Menengahi Rekan Kerja Yang Berkonflik?

1. Risiko Dimanfaatkan

Bila kamu terlalu percaya pada rekan kerja, hal itu membuatmu rentan dimanfaatkan. Bisa saja dia mengatakan tugas tertentu menjadi tanggung jawabmu, padahal kenyataannya nggak. Justru dia sengaja memanfaatkan kepolosanmu itu untuk menyelesaikan apa yang menjadi tugasnya.

2. Rekan Kerja juga Manusia, Ada Baik, Ada Pula yang Jahat

Berteman perlu, ramah kepada semua orang memang sudah semestinya. Tapi, jangan mudah menaruh kepercayaan. Karena kamu mesti ingat, seniormu itu juga manusia, ada yang baik, ada pula yang jahat. Kalau kamu sudah terlanjur begitu percaya, bakal runyam kariermu jika ternyata dia adalah sosok bermuka dua.

3. Jika Tidak Hati-hati, Dia Bisa Menjatuhkanmu

Persaingan dunia kerja sangatlah sengit. Karena tak ada yang bisa menjamin bahwa posisi saat ini akan terus dimiliki. Ketika ada anak baru yang jauh lebih mumpuni, bukannya tak mungkin, akan digantikan. Oleh sebab itu, meski kamu ramah dan hormat dengan senior di tempat kerja, tetap perlu menjaga kewaspadaan. Supaya dia nggak menjatuhkanmu, demi keuntungannya semata.

Baca juga: Rekan Kerja Ingin Menjatuhkan? Ini Cara Menghadapinya!

4. Data Bisa Dicuri dan Dipakai oleh Rekan Kerja

Bahayanya kalau terlalu percaya dengan rekan kerja ialah suatu waktu data dan informasi pribadimu bisa dicuri atau dipakai oleh rekan kerja. Karena Ketika Anda percaya pada orang tentu akan terbuka padanya mengenai informasi pribadimu. Itulah yang membahayakan kalau Anda terlalu mempercayai orang, apalagi dari tempat kerja yang risikonya bisa merusak karier.

5. Dihasut untuk Membuang Kesempatan Mengembangkan Karier

Tidak semua orang itu beneran baik dan tulus padamu, bahkan rekan kerja yang sangat Anda percayai di tempat kerja sekalipun. Ada yang berlindung di balik sikap baiknya tapi ternyata sangat manipulatif dan membawa pengaruh buruk. Mereka yang Anda percaya bisa saja malah menghasut dan mempengaruhimu untuk melewatkan kesempatan mengembangkan karier supaya mereka yang bisa maju.

Sekian artikel tentang dampak terlalu percaya pada rekan kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tips Agar Disukai Rekan Kerja di Kantor


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar