icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Perbedaan WFH dan Remote Working
Siker.id | 30 Dec 2021 13:15


Bagikan ke
Perbedaan dari WFH dan Remote Working. (siker)

siker.id - Pandemi COVID-19 membuat kita harus melakukan berbagai penyesuaian termasuk dalam bekerja. Sejak pemerintah yang mengharuskan kita jaga jarak, work from home atau WFH menjadi sebuah keharusan beberapa sektor usaha. Selain WFH, di dunia kerja juga dikenal konsep remote working. Antara WFH dan remote working memungkinkan pekerja untuk bekerja tanpa harus datang ke kantor alias jarak jauh, namun keduanya memiliki perbedaan. Berikut ini penjelasannya!

Baca juga: Simak ! Keuntungan Kerja WFH

Work Frome Home

Dilansir dari NoHQ, WFH adalah fasilitas yang diberikan oleh perusahaan. Fasilitas WFH ini mengizinkan Anda untuk bekerja dari rumah selama beberapa hari dalam satu minggu. Fasilitas WFH ini dapat digunakan untuk untuk sekedar mengganti suasana dari suasana kantor atau menyelesaikan beberapa pekerjaan dengan lebih terfokus. Meskipun bekerja dari rumah, kamu akan tetap tunduk pada aturan tempatmu bekerja. Misalnya, tetap dapat dihubungi selama jam kerja. Masing-masing perusahaan memiliki aturan yang berbeda-beda mengenai WFH ini. Sebagian perusahaan menetapkan berapa lama batas hari seorang karyawan bisa mengambil WFH. Saat ini, beberapa perusahaan menerapkan sistem WFH secara bergantian kepada para karyawannya.

Remote Working

Tren remote working juga sudah dikenal lama, terutama di kalangan freelance. Apabila WFH dimana Anda masih terikat dengan segala peraturan perusahaan, tentu berbeda halnya dengan remote working. Remote working memberikan Anda kebebasan mengatur sendiri bagaimana lingkungan kerja yang sesuai dengan kebutuhan pekerjaan yang Anda lakukan. Konsep seperti ini sudah lama diterapkan oleh para freelance yang memiliki klien yang jauh dan beragam. Para pekerja remote working dalam menyelesaikan tugasnya sangat mengandalkan berbagai aplikasi seperti Google Suite, Slack, atau juga aplikasi projek manajer lainnya. Remote working juga menciptakan sebuah tren yang dikenal digital nomad. Digital nomad memungkinkan Anda untuk bekerja dari manapun selama ada internet.

Baca juga: Berikut Kekurangan Work From Home

Perbedaan WFH dan Remote Working

Perbedaan konsep WFH dan remote working terletak pada keterikatan pekerja terhadap kantornya. Pekerja WFH tetap terikat pada aturan-aturan yang diberikan oleh perusahaan. Sementara remote working lebih fleksibel. WFH hanya bisa Anda lakukan bila memang kantor memberikan fasilitas untuk itu. Kamu juga tetap harus menaati ketentuan yang diberikan, misalnya wajib datang ke kantor 3 kali dalam seminggu. Aturan inilah yang tidak berlaku pada remote working. Anda lebih memiliki keleluasaan untuk bekerja dimana pun kapan pun tanpa mengikuti aturan. Akan tetapi, hal ini tentu membuat Anda harus pintar-pintar mengatur waktu.

Sekian artikel tentang perbedaan WFH dan Remote Working. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Beberapa Home Based Job Buat Sampingan


Editor: Theo Adi -

     

Komentar