icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Mengapa Banyak Orang Memilih Jadi Pengusaha?
Siker.id | 29 Dec 2021 20:45


Bagikan ke
Banyak orang memilih menjadi pengusaha. (siker)

siker.id - Pengusaha merupakan pekerjaan yang paling diidam – idamkan semua orang. Kebanyakan orang tergiur dengan pendapatan seorang pengusaha yang besar dan juga pekerjaannya yang memiliki kebebasan dalam waktu. Karena ketika kita mempunyai usaha sendiri, kita tidak bergantung kepada atasan, keuntungannya pun bisa kita nikmati sendiri. Ada beberapa alasan lainnya yang membuat pengusaha menjadi pekerjaan yang menyenangkan. Walaupun bisa dibilang resiko untuk gagal saat menjadi pengusaha tebilang cukup besar. Dan hal ini memang perlu dipertimbangkan untuk memutuskan apakah pebisnis atau pengusaha adalah pekerjaan yang cocok dengan Anda agar tidak salah melangkah. Berikut alasan mengapa banyak yang memilih jadi pengusaha.

Baca juga: Mau Sukses Menjadi Pengusaha? Wajib Baca Ini

1. Memperbaiki Kualitas Hidup

Ketika Anda berwirausaha siapa yang bilang akan jatuh miskin ? tentu saja anggapan mereka salah. Dimana Anda justru bisa memperbaiki kualitas hidup baik dari sisi finansial maupun moril. Berwirausaha mengajarkan kita untuk bekerja keras, menggapai target dan selalu berjuang hingga kesuksesan tercapai. Selain itu disisi finansial, berwirausaha membiasakan Anda untuk bisa menabung dan mengelola uang dengan baik dan teratur. Agar uang yang anda miliki tidak lari ke keinginan atau kebutuhan yang bukan prioritas.

2. Sikap Mandiri

Apa hubungannya berwirausaha dengan sikap mandiri? sudah jelas ada hubungannya, dimana jika Anda hanyalah karyawan biasa yang Anda miliki hanya tanggung jawab bekerja sesuai dengan kepentingan dan pendapatan yang dihasilkan. Apalagi jika Anda sebatas karyawan, sudah jelas akan menghasilkan uang yang terbatas dan pekerjaan yang itu-itu aja. Namun berbeda dengan berwirausaha, dimana Anda dituntut untuk lebih mandiri dan juga berani mengambil keputusan. Dalam berwirausaha keuntungan serta kerugian ditanggung oleh sendiri, hal ini mengharuskan Anda untuk melangkah secara hati-hati dan tidak terburu-buru.

3. Membuka Lapangan Kerja

Anda akan menjadi seseorang yang didewakan alias diidam-idamkan karena berhasil membuka lapangan kerja. Banyak orang yang hanya bisa mencari kerja untuk dirinya sendiri, itupun harus bersusah payah. Namun bagaimana dengan berwirausaha? selain mendirikan dan membuat pekerjaan untuk Anda sendiri, anda juga membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain. Yang mana seperti Anda ketahui, semakin besar perusahaan atau usaha yang Anda dirikan maka akan semakin banyak karyawan dan semakin besar membuka lapangan pekerjaan.

Baca juga: Pengusaha Wajib Daftar BPJS Kesehatan karyawannya?

4. Kebebasan Waktu Dalam Bekerja

Banyak orang ketika bekerja dengan orang merasa waktunya dihabiskan hanya untuk bekerja dan bekerja. Memang itulah resiko bekerja dengan orang, kita tidak memiliki kebebasan dalam bekerja. Karena kita tetap harus patuh pada peraturan tempat kita bekerja. Tetapi, jika Anda menjadi pebisnis, Anda bisa datang kapan saja asal bisnis Anda tetap terkendali. Anda tidak perlu lagi pusing dalam membagi waktu antara keluarga dan juga bisnis. Maka dari itu, ketika Anda menjadi pengusaha pasti akan lebih leluasa memiliki waktu yang lebih bersama keluarga Anda.

5. Mempunyai Kontrol Penuh Atas Usahamu

Ketika Anda menjadi pebisnis, Anda sendirilah yang mempunyai kendali terhadap bisnis atau usaha Anda. Disini juga Anda akan mengontrol seluruh karyawan agar usahamu bisa berjalan dengan baik. Mulai dari segi produksi sampai dengan pemasaran produk yang Anda punya, itu semua ada di tangan Anda.

Sekian artikel tentang alasan banyak orang memilih jadi pengusaha. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Lalai Daftarkan BPJS, Pengusaha Kena Sanksi?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar