Berikut 5 Cara Mengambil Keputusan yang Tepat
Siker.id | 29 Dec 2021 17:30


Bagikan ke
Cara ambil keputusan yang tepat. (siker)

siker.id - Orang bilang, hidup itu pilihan. Oleh karenanya, Anda harus berani mengambil keputusan. Baik untuk hal-hal sepele ataupun sesuatu yang penting. Memang, mengambil keputusan itu tidak mudah. Apabila Anda salah langkah dalam memutuskan, maka akan ada risiko tinggi yang harus ditanggung. Dan jika hasilnya buruk, pastilah menimbulkan penyesalan. Bagaimana juga, Anda tidak bisa selalu mengikuti ucapan orang lain. Sesekali, Anda harus berani mengambil keputusan dan bertanggung jawab terhadap diri sendiri. Dengan begitu Anda bisa menjadi pribadi yang lebih dewasa. Berikut tips agar Anda bisa mengambil keputusan yang tepat!

Baca juga: Berikut 5 Faktor Penghambat Pengambilan Keputusan

1. Buatlah Keputusan Saat Fokus dan Tidak Terburu

Jangan sekali-kali memutuskan sesuatu ketika Anda dalam kondisi kalut dengan pikiran bercabang. Seburuk apapun kondisinya dan sesempit apapun waktunya Anda harus berusaha untuk fokus sejenak. Waktu terbaik untuk membuat keputusan yang besar dan penting yaitu saat sedang dalam keadaan santai, fokus, dan berenergi. Hal ini karena pemikiran yang kompleks membutuhkan perhatian, motivasi, dan juga kemampuan mengendalikan diri yang baik.

2. Mengumpulkan Fakta Sebanyak Mungkin

Anda tak bisa membuat keputusan hanya karena mengandalkan informasi dari satu pihak saja. Meski Anda memiliki banyak waktu dan berada dalam kondisi fokus tetapi jika informasi yang Anda miliki sebagai dasar sebelum membuat keputusan hanya sedikit, percuma saja. Untuk itu, sebelum Anda memutuskan sesuatu, ada baiknya untuk mengumpulkan semua fakta dan informasi yang berkaitan dengan keputusan yang Anda buat.

3. Tetap Terbuka Pada Semua Kemungkinan

Saat data mulai terkumpul, Anda mulai bisa memetakannya sesuai dengan masalah yang ada. Dalam proses ini, berbagai fakta mulai dari yang diharapkan hingga yang sama sekali tidak Anda harapkan akan muncul di depan mata. Saat menghadapi hal ini, selalu ingat dan pikirkan dampak apa yang akan terjadi selanjutnya. Jangan menutup mata terhadap berbagai fakta yang Anda temukan. Sebaliknya, Anda perlu terbuka untuk semua kemungkinan yang ada, termasuk yang tidak Anda sukai sekalipun. Pasalnya, sering kali orang langsung menyimpulkan argumennya sesuai dengan yang ia inginkan, bukan dari fakta yang ditemukan.

Baca juga: Berikut Tips Menemukan Passion Untuk Karir

4. Pahami Konteks Masalahnya

Agar Anda bisa mengambil keputusan yang tepat, pertama Anda harus mampu memahami konteks masalahnya terlebih dahulu. Tentunya, keputusan dibuat saat ada perkara tertentu, kan? Nah, Anda coba memahami perkara tersebut secara mendalam. Pikirkan dampak positif dan negatifnya, serta berbagai risiko yang mungkin terjadi. Apabila Anda sudah benar-benar paham, maka segeralah membuat keputusan. Jangan menunggu terlalu lama, sebab itu membuang-buang waktu dan yang pasti merugikan bagi Anda.

5. Jangan Lupa Berdoa

Untuk mengambil keputusan yang tepat itu enggak bisa hanya mengandalkan pemikiran semata. Selain menggunakan logika, Anda juga perlu memantapkan hati dengan cara berdoa. Mintalah petunjuk dari Tuhan supaya jalan yang Anda tempuh dimudahkan, dan memang benar itu jalan Anda. Ingat jangan pernah remehkan kekuatan doa. Anda hanya perlu yakin kepada Tuhan Sang Pencipta.

Sekian artikel tentang tips mengambil keputusan yang tepat. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 6 Faktor Yang Mempengaruhi Karir Seseorang


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar