icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Bagaimana Cara Mengajukan Resign Yang Baik?
Siker.id | 28 Dec 2021 18:00


Bagikan ke
Cara mengajukan resign yang baik. (siker)

siker.id - Ada kalanya setelah sekian lama bekerja, Anda merasa sudah saatnya untuk berhenti dari kerja yang sekarang dan mencari peluang yang baru. Ada beberapa hal yang harus persiapkan ketika akan berhenti bekerja. Salah satunya mendapatkan surat pengalaman kerja atas kontribusimu selama ini di tempatmu bekerja. Banyak anak muda yang kerap gegabah memutuskan untuk berhenti bekerja tanpa persiapan matang. Misalnya saja atasan yang menyebalkan atau beban pekerjaan yang dianggap berlebihan. Mereka kemudian langsung berhenti dari pekerjaannya begitu saja tanpa proses yang sesuai. Praktik ini banyak ditemui di berbagai perusahaan yang sebenarnya sama-sama merugikan kedua belah pihak khususnya dirimu sebagai tenaga kerja. Oleh karena itu berikut ini cara mengajukan resign secara baik-baik.

Baca juga: Berikut 7 Alasan Resign Kerja yang Sering Digunakan

1. Pilih alasan yang tepat

Sebelum Anda mengajukan pengunduran diri dari perusahaan, sebaiknya gunakanlah alasan yang tepat dan bisa diterima oleh atasan Anda. Hindari alasan yang berkaitan dengan permasalahan Anda dengan rekan kerja karena hal itu bisa saja diselesaikan. Pilih alasan yang memungkinkan Anda untuk tidak lagi bekerja diperusahaan Anda.

2. Menemui atasan

Meminta atasan untuk meluangkan waktu dan membicarakan tentang pengunduran diri Anda adalah hal yang baik. Tunggulah saat yang tepat untuk berbicara dengan atasan karena mungkin atasan Anda tidak memiliki banyak waktu untuk berdiskusi dengan Anda. Siapkan kata-kata yang baik untuk diucapkan dan tetaplah bersikap sopan. Utarakan keinginan Anda untuk mengundurkan diri Anda dengan lugas dan jangan bertele-tele.

3. Tetap menunjukan sisi positif

Tunjukanlah sisi positif Anda seperti jujur dan selalu sopan. Menggunakan kata-kata yang baik ketika berbicara membuat Anda terlihat menghargai atasan juga pekerjaan Anda. Beritahu atasan Anda jika Anda senang bekerja diperusahaan Anda namun Anda tidak bisa melanjutkan untuk bekerja lagi karena Anda memiliki alasan lain. Katakan alasan tersebut kepada atasan Anda dengan jujur. Jangan lupa juga untuk berfikir tentang masa depan Anda. jika Anda bersikap buruk selama bekerja itu mungkin akan menjadi bom waktu untuk Anda karena perusahaan Anda mungkin tidak mau menulis surat rekomendasi baik tentang Anda.

Baca juga: Berikut Alasan Banyaknya Karyawan Memilih Resign

4. One Month Notice sebelum meninggalkan kantor

Sesuai Pasal 26 ayat 2 KepmenTenaga Kerja tentang syarat mengundurkan diri, maka Anda sebagai karyawan wajib mengajukan permohonan pengunduran diri secara tertulis dengan disertai alasannya selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari sebelum tanggal mulai pengunduran diri. Selain itu, Anda juga wajib menjalankan kewajibannya sampai tanggal mulai pengunduran diri.

5. Menulis surat pengunduran diri

Ketika Anda ingin memberikan kesan positif pada perusahaan lama, maka sebelum memutuskan untuk resign sebaiknya membuat surat pengunduran diri. Di mana, dengan surat ini Anda bisa memberikan informasi secara profesional dan formal terkait keinginan Anda melakukan pengunduran diri di perusahaan tersebut. Pastikan juga Anda menuliskan surat pengunduran diri dengan bahasa yang sopan meskipun mungkin kesan terhadap perusahaan kurang baik.

Sekian artikel tentang cara mengajukan resign yang baik. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Yuk, Simak! Tata Cara Resign yang Baik dan Benar


Editor: Theo Adi -

     

Komentar