icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Bagaimana Menengahi Rekan Kerja Yang Berkonflik?
Siker.id | 28 Dec 2021 15:00


Bagikan ke
Cara menengahi rekan kerja yang berkonflik. (siker)

siker.id - Komunikasi yang terhambat karena adanya konflik antar pegawai tak hanya bisa menghambat pekerjaan mereka masing-masing, tetapi juga bisa berpotensi pada berkurangnya keuntungan perusahaan Anda. Sisi negatif ini juga pada akhirnya bisa berpengaruh pada banyak pihak, menciptakan lingkungan yang kurang kondusif untuk semua orang. Agar hal ini tak terjadi pada perusahaan Anda, lakukan beberapa tips berikut ini ketika terjadi konflik antar pegawai.

Baca juga: Berikut Tips Menghindari Konflik Dengan Rekan Kerja

1. Hindari Menyudutkan Satu Belah Pihak

Menjadi seorang pemimpin dalam sebuah organisasi haruslah adil dan tidak memihak siapapun. Meskipun seorang karyawan yang terlibat konflik ini menempati posisi yang tinggi seperti manajer sekalipun, Anda tidak boleh langsung beranggapan bahwa manajer Anda yang paling benar dan orang yang terlibat konflik di bawahnya yang salah.

2. Menjadi Mediator yang Bijaksana

Dalam mengatasi sebuah masalah, sebagai pemimpin Anda akan ditempatkan sebagai seorang mediator yang dapat menengahi konflik yang terjadi di antara karyawan Anda. Tugas seorang mediator adalah mendengarkan permasalahan yang terjadi dari dua belah pihak, lalu memproses informasi tersebut dan menyimpulkan secara objektif. Secara objektif artinya, Anda harus dapat memproses permasalahan yang terjadi sesuai fakta dan bukan opini yang dapat merugikan sebelah pihak.

3. Cari Resolusi, Bukan Sekadar Solusi

Mungkin, sebagian besar mengira solusi adalah salah satunya cara untuk meredakan konflik, namun, itu hanyalah hal yang berjangka pendek. Diibaratkan dengan baju, kamu hanya menyetrika agar kerutannya hilang, lalu apakah selamanya kerutan itu akan hilang? Jadi, coba cari resolusi yang tepat antara kedua belah pihak agar enggak ada kesalahpahaman lagi dengan keputusan itu. Sebaiknya diselesaikan dengan bermusyarah, ya.

Baca juga: Simak ! Konflik yang Biasanya Terjadi di Suatu Perusahaan

4. Dengar cerita kedua sisi

Hal utama yang harus Anda lakukan sebagai penengah dan pembantu penyelesaian konflik adalah mendengar dari dua sisi. Anda tak sebaiknya mengabaikan satu sisi atau berpihak pada satu orang saja. Dengan memahami masing-masing sisi, Anda bisa tahu sebenarnya apa yang terjadi. Bila perlu, minta bantuan orang ketiga untuk melihat apa sebenarnya yang terjadi. Sebaiknya, orang ketiga ini pun cukup netral dan tak berpihak pada satu sisi agar tidak ada bias.

5. Terapkan win-win solution

Ya, win-win solution itu adalah hal yang bisa dilakukan selama Anda bisa menjadi mediator yang baik dalam mengatasi konflik ini. Perhatikan dengan baik sebenarnya apa yang mereka inginkan. Namun, ketika hal yang mereka inginkan adalah agar salah satu orang tersingkir dari perusahaan tersebut, sebaiknya Anda tak kabulkan itu selama hal tersebut tidak memiliki alasan yang kuat dan valid.

Sekian artikel tentang cara menengahi rekan kerja yang berkonflik. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Beberapa Cara Menyelesaikan Konflik Kerja


Editor: Theo Adi -

     

Komentar