icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Rekan Kerja Ingin Menjatuhkan? Ini Cara Menghadapinya!
Siker.id | 27 Dec 2021 22:00


Bagikan ke
Menghadapi rekan kerja yang ingin menjatuhkan Anda. (siker)

siker.id - Kita memang tidak bisa berharap semua orang akan suka pada kita. Meski sudah berbuat baik pun, akan ada saja segelintir orang yang membenci. Salah satunya sama seperti di lingkungan pekerjaan. Apalagi saat berada di dunia kerja, persaingan ketat bukanlah suatu hal yang baru. Tidak jarang persaingan tersebut berujung dengan saling menjatuhkan satu sama lain. Persoalan mulai dari perbedaan pendapat sampai sikap iri dapat berujung konflik yang akhirnya salah satunya berusaha menjatuhkan. Terutama kalau ada hubungannya dengan jenjang karir dan jabatan, semua bisa saja dilakukan termasuk cara yang tidak sehat. Berikut cara menghadapi rekan kerja yang berniat menjatuhkan Anda.

1. Bisa Membedakan Mana Kawan Mana Lawan

Pertama-tama perlu menjadi seseorang yang peka. Anda haruslah bisa membedakan mana orang yang bisa dianggap teman dan mana yang bukan. Apakah dia tulus bersikap baik terhadap Anda atau cuma baik ketika ada yang dia inginkan. Akan tetapi, ini akan sangat membantu Anda memilah kepada siapa Anda bisa percaya di tempat kerja. Rekan kerja yang berusaha menjatuhkan akan berusaha mencari celah untuk membuatmu selalu terlihat salah.

Baca juga: Bagaimana Menghadapi Rekan Kerja yang Meremehkan Anda?

2. Berusaha Menghindari Semua Konflik yang Ada

Mungkin Anda berada di posisi yang tidak mudah. Meski sudah berusaha tidak peduli, di satu sisi emosi Anda sudah meninggi ketika mengetahui ada yang ingin menjatuhkan Anda. Sabar adalah kuncinya. Usahakan untuk menghindari ketegangan di antara Anda dan rekan kerja tersebut dan jangan sampai memicu konflik baru. Biar bagaimanapun, Anda butuh suasana yang kondusif di kantor untuk menyelesaikan semua pekerjaan. Ikut terjun ke konflik yang ada malah akan membuat produktivitas menurun.

3. Latihan Agar Punya Mental Yang Kuat

Di dunia kerja banyak hal yang tidak Anda bayangkan bisa terjadi. Termasuk punya teman yang baik di depanmu tetapi berniat menjatuhkan kamu di belakang. Segala hal bisa saja mereka lakukan. Ini tentunya dapat membuat suasana bekerja jadi tidak nyaman. Tekanan tersebut merupakan tujuan mereka agar Anda tidak mampu bertahan. Untuk itulah Anda harus punya mental yang kuat. Anggap saja menghadapi situasi ini adalah bentuk latihan agar Anda punya mental yang lebih kuat lagi.

Baca juga: Berikut Solusi Bila Berkonflik Dengan Rekan Kerja

4. Dekati Secara Baik – Baik

Rekan kerja yang iri kepada Anda sampai ingin menjatuhkan pasti punya alasan tersendiri. Meski persaingan ketat di kantor bukan berarti membatasi pertemanan kamu dengan karyawan lain. Lakukanlah pendekatan yang baik dengan rekan tersebut. Hindari membalas sesuatu yang buruk dengan hal yang buruk juga. Anda bisa menawarkan bantuan kepadanya atau sekadar mengajak makan siang.

5. Tetap Tenang Dan Anggap Semua Baik – Baik Saja

Ketika Anda tahu ada rekan kerja yang begitu ingin Anda gagal di dalam setiap hal, pasti rasanya kesal. Namun demikian, jangan biarkan emosi mengendalikan Anda. Meskipun keadaan jadi canggung, tetaplah tenang menghadapi semuanya. Misalnya ketika sedang meeting, bersikaplah profesional dengan tetap mendengarkan pendapat yang dia berikan. Usahakan perang dingin antara Anda dan rekan kerja Anda tidak menghambat pekerjaan yang lain.

Sekian artikel tentang tips menghadapi rekan kerja yang ingin menjatuhkan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tips Menghadapi Rekan Kerja Yang Suka Mengatur


Editor: Theo Adi -

     

Komentar