icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Bagaimana Memilih Pekerjaan Yang Tepat?
Siker.id | 27 Dec 2021 21:00


Bagikan ke
Cara memilih pekerjaan yang tepat untuk masa depan. (siker)

siker.id - Bagi Anda yang masuk ke dalam golongan fresh graduate tentu mencari pekerjaan adalah sesuatu yang susah-susah gampang. Sebab banyak perusahaan yang membuka peluang kerja bagi fresh graduate tapi di saat yang sama Anda juga harus hati-hati dan cermat dalam memilih lowongan pekerjaan. Nah kalau kamu sedang bingung, yuk simak beberapa tips di bawah ini agar memilih pekerjaan yang tepat.

Baca juga: Bagaimana Cara Membagi Waktu Antara Pekerjaan dan Keluarga?

1. Kenali Lingkungan Tempat Bekerja

Bagi Anda yang akan bekerja di kantor atau di suatu perusahaan, maka sebelum memilih suatu pekerjaan, harus mencari informasi tentang lingkungan tempat bekerja. Hal ini penting dilakukan karena tempat bekerja dapat memberi pengaruh terhadap kinerja kita. Tempat kerja yang kondusif dapat memberikan kenyamanan bekerja. Anda dapat mencari informasi tentang lingkungan tempat bekerja dengan bertanya pada orang yang bekerja disana atau yang pernah bekerja disana, atau mencari informasi di internet. Setelah menemukan informasi tentang lingkungan tempat bekerja, maka Anda harus mengkaji apakah tempat kerja tersebut cocok untuk Anda atau tidak.

2. Ketahui Stabilitas Perusahaan

Anda yang ingin bekerja di Perusahaan, maka perlu mengetahui stabilitas perusahaan tersebut. Anda dapat mencari informasi dari berbagai sumber apakah perusahaan tersebut memiliki stabilitas yang baik atau tidak. Apabila perusahaan tersebut memiliki stabilitas yang baik, maka Anda dapat meneruskan niat untuk bekerja di perusahaan tersebut.

3. Pilih yang Sesuai Kemampuan

Tips berikutnya adalah pilih pekerjaan yang sesuai dengan tingkat kemampuan yang Anda punya. Sangat penting bagi seseorang mengetahui sejauh mana kemampuan yang ia punya, karena sangat berperan dalam menentukan jenis pekerjaan yang cocok. Anda yang fresh graduate coba terapkan ini.

Baca juga: Berikut Tips Bila Mulai Tidak Nyaman Pada Pekerjaan

4. Selaras Dengan Passion atau Tidak Bukan Masalah

Tips selanjutnya ialah Anda harus memikirkan baik-baik apakah Anda harus bekerja sesuai passion atau tidak. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa kerja selaras dengan passion bisa lebih menyenangkan namun bukankah tidak apa-apa jika berbeda dengan passion? Anda sebagai fresh graduate justru bisa menambah pengalaman lebih banyak.

5. Cermati setiap lowongan kerja yang ada

Ketika Anda tahu ada lowongan pekerjaan, jangan buru-buru untuk segera melamar. Apalagi jika dalam satu waktu ada cukup banyak lowongan dan posisi dalam pekerjaan yang ditawarkan. Sebaiknya Anda cermati terlebih dahulu, mulai dari lokasi, gaji, hingga peraturan dan cara kerja yang ada di sana. Hal ini menghindari Anda sebagai fresh graduate terjebak dalam pekerjaan yang salah.

Sekian artikel tentang tips memilih pekerjaan yang tepat. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tips Agar Mencintai Pekerjaan


Editor: Theo Adi -

     

Komentar