icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Tips Melakukan Multitasking yang Efektif
Siker.id | 27 Dec 2021 10:30


Bagikan ke
Tips melakukan multitasking yang efektif. (siker)

siker.id - Multitasking merupakan kemampuan melakukan lebih dari satu pekerjaan pada waktu yang bersamaan. Sebagian dari kita mungkin sering mendengar bahwa multitasking merupakan hal yang tidak baik dilakukan karena dapat mengganggu kesehatan. Namun, pada beberapa momen kita seringkali dituntut untuk melakukan kemampuan ini. Apalagi di zaman yang cepat bergerak saat ini, belajar melakukan multitasking yang efektif akan membantumu mengerjakan tugas dengan cepat. Tentunya dengan hasil yang maksimal. Berikut cara melakukan multitasking yang efektif.

Baca juga: Berikut Alasan Multitasking Itu Efektif

1. Jangan terlalu banyak tujuan

Menetapkan terlalu banyak tujuan itu tidak bagus. Apalagi cuma dilakukan seorang diri. Jangan terlalu membebani diri, cukup tetapkan beberapa tujuan saja.

2. Tentukan prioritasmu

Tetapkan prioritas pada pekerjaan / atau project yang Anda miliki. Jangan "pukul rata" semua project dengan "nilai" prioritas yang sama. Tidak semua project memiliki porsi yang sama, ada yang disebut MAIN Project, dan ada juga SIDE project.

3. Siapkan catatan tugas

Bekerja multitasking tanpa adanya urutan kerja yang jelas, tentu membuat kita kelabakan. Selain itu, ingatan manusia yang terbatas – membuat urutan kerja akan semakin kacau -- jika tanpa semacam "briefing". Maka dari itu, buatlah "briefing" tertulis berupa catatan tugas -- yang berisi urutan pekerjaan yang harus kamu selesaikan hari ini. Dengan begitu, semuanya akan berlangsung dengan teratur dan tidak "grasa-grusu".

Baca juga: Berikut Alasan Mengapa Multitasking Kurang Efektif

4. Kategorikan tugas yang hampir mirip

Tugas-tugas yang hampir sama akan mudah dikerjakan secara multitasking. Lihat tugas yang sudah Anda list dan gabungkan tugas yang memiliki kesamaan. Hal ini akan memudahkan kita ketika berpindah dari tugas satu ke tugas lainnya. Bayangkan jika beberapa tugas yang dikerjakan secara bersama itu memiliki latar belakang yang berbeda. Pasti akan sulit dan memakan waktu lebih lama.

5. Jauhkan hal-hal yang dapat mengganggu jalannya multitasking

Salah satu kunci mengerjakan beberapa tugas dengan efektif adalah fokus. Ketika ada gangguan-gangguan saat bekerja hal ini akan menghambat jalannya pengerjaan tugas. Pekerjaan yang mudah sekalipun akan sulit dikerjakan jika pikiran terganggu lho. Gangguan ini seperti suara mesin, handphone, ataupun rekan kerja yang terlalu berisik. Lebih baik kamu jauhi dulu supaya bisa melakukan multitasking dengan efektif.

Sekian artikel tentang tips multitasking efektif. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Dampak Buruk dari Multitasking, Selengkpanya


Editor: Theo Adi -

     

Komentar