icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Bagaimana Cara Membagi Waktu Antara Pekerjaan dan Keluarga?
Siker.id | 24 Dec 2021 22:00


Bagikan ke
Cara membagi waktu antara pekerjaan dan juga keluarga. (siker)

siker.id - Tuntutan pekerjaan sering kali menyita waktu dan pikiran. Banyaknya tanggung jawab di tempat kerja, seperti tenggat waktu, rapat, target yang harus dicapai, dan lainnya sering kali membuat Anda lupa waktu. Tak jarang, waktu yang semestinya Anda habiskan bagi keluarga harus tersita untuk pekerjaan Anda. Sulit memang, namun Anda tak bisa terus-menerus mengorbankan waktu bersama keluarga demi pekerjaan. Bagaimana cara mengatasinya? Berikut cara mengatur waktu antara pekerjaan dan keluarga.

Baca juga: Bagaimana Caranya Menyelesaikan Pekerjaan Dengan Cepat?

1. Jangan Selalu Mengiyakan Tawaran Kerja

Tidak semua tawaran pekerjaan harus Anda terima. Tawaran pekerjaan memang sering datang pada saat-saat yang tidak tepat sehingga Anda harus mampu memilahnya. Cara membagi waktu kerja dan keluarga dengan mempertimbangkan matang-matang apakah pekerjaan yang ditawarkan bersifat mendesak atau masih bisa ditunda pengerjaannya. Terutama jika tawaran datang saat akhir pekan, sebaiknya kamu menolaknya.

2. Rencanakan Liburan Bersama Keluarga

Perencanaan sangatlah penting agar kegiatan yang diatur berjalan lebih terarah. Untuk urusan liburan bersama keluarga, sebaiknya Anda membuat perencanaannya sejak jauh-jauh hari. Tentukan hari dan tanggal liburan Anda bersama keluarga, tempat destinasi, transportasi, hingga budget yang perlu dikeluarkan.

3. Biasa Mendisiplinkan Diri

Cara mudah atur waktu pekerjaan dan keluarga selanjutnya yaitu biasa mendisiplinkan diri. Kalau memang tidak perlu ditunda, jangan menunda-nunda hal yang harus dilakukan. Anda harus menyadari bahwa waktu yang dipunya untuk melakukan berbagai kegiatan yang ingin dilakukan baik di kantor maupun di rumah. Untuk dapat melakukan semua kegiatan ini, maka Anda harus menetapkan waktu pelaksanaan rencana kegiatan dan mendisiplinkan diri untuk mengikuti perencanaan tersebut.

Baca juga: Berikut Tanda Anda Tidak Cocok Dengan Pekerjaan Saat Ini

4. Istirahat yang Cukup

Apabila Anda memiliki kebiasaan begadang, sebaiknya dikurangi mulai dari sekarang ya. Sebab kondisi tubuh yang kurang istirahat, akan membuat Anda mudah letih ketika melakukan berbagai aktivitas. Lebih baik waktu luang atur waktu malam Anda untuk istirahat agar bisa beraktivitas dengan kondisi prima di siang harinya.

5. Jaga Komunikasi dengan Baik

Walaupun disibukkan dengan pekerjaan, Anda harus tetap menjalin komunikasi dengan keluarga secara baik. Sediakan waktu untuk menghubungi keluarga di sela-sela Anda kerja. Terutama bagi Anda yang bekerja jauh dari keluarga. Tak harus lama-lama, Anda bisa menjaga komunikasi dengan fitur chat, video call, atau media sosial, dan lainnya. Penting untuk mengetahui keadaan dan perkembangan anggota-anggota keluarga.

Sekian artikel tentang tips mengatur waktu antara pekerjaan dan keluarga. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Ingin Mendapatkan Pekerjaan Lakukan Perubahan Ini


Editor: Theo Adi -

     

Komentar