icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Tips Menemukan Passion Untuk Karir
Siker.id | 24 Dec 2021 21:15


Bagikan ke
Tips menemukan passion untuk karir. (siker)

siker.id - Bagaimana cara menemukan passion dalam karir? Memiliki passion dalam mengembangkan karir merupakan hal yang sangat penting. Dari sekian banyak contoh passion yang dapat dimiliki seseorang, pastinya hanya ada satu yang paling dominan. Maka dari itu sangat penting mengetahui bagaimana cara menemukan passion dalam karir, entah itu berbisnis atau bidang lainnya. Umumnya untuk mengetahui passion seseorang dalam berkarir ini dapat dilihat sejak awal memilih jurusan kuliah. Berikut ini cara menemukan passion untuk karir Anda!

Baca juga: Berikut 6 Faktor Yang Mempengaruhi Karir Seseorang

1. Cari Tahu Sosok Panutan

Cara pertama menemukan passion dalam karir bisa dibantu dengan menemukan role model atau panutan dalam hidup Anda. Carilah sosok yang menginspirasi untuk terus maju. Cari tahu secara spesifik apa saja kelebihan mereka, sehingga Anda menjadikannya panutan. Bisa saja Anda terinspirasi karena kecerdasannya, karya yang dibuat, maupun hal lainnya.

2. Tanya ke Orang Terdekat Anda

Jika belum juga menemukan passion Anda, tanyakan pada orang terdekat seperti orang tua, sahabat, atau pasangan. Coba tanyakan apa saja kelebihan yang Anda miliki selama ini. Lalu, coba tanyakan ke diri sendiri apa yang bisa Anda eksplorasi dari kelebihan tersebut dan apakah Anda benar-benar menikmati melakukannya.

3. Temukan perspektif baru dari pengalaman

Cara selanjutnya untuk menemukan passion dalam karier adalah untuk melihat perspektif baru. Selama berkuliah, tentunya Anda telah mencoba berbagai hal dan menaruh minat pada beberapa bidang tertentu. Entah itu didapatkan dari materi perkuliahan atau buah perbincangan dengan teman kampus, hal yang disukai ini tak jarang dijadikan tujuan mahasiswa setelah masa kuliah berakhir. Sebenarnya, hal ini bukanlah suatu hal yang buruk. Namun, bila Anda tidak pernah memiliki pengalaman bekerja pada bidang yang diminati, kamu tidak akan memiliki perspektif lain terhadap bidang tersebut.

Baca juga: Berikut Tips Busana Stylish Untuk Wanita Karir

4. Bedakan Hobi dan Passion yang Menguntungkan

Cara menemukan passion dalam karier berikutnya adalah untuk membedakan hobi dengan minat yang benar-benar menguntungkan. Passion-mu bisa saja menjadi kontribusi penting untuk kesejahteraan masyarakat dan juga keluargamu. Namun, apakah Anda dapat memperoleh penghasilan dari passion tersebut merupakan suatu permasalahan baru. Nah, agar dapat meraup untung dari hal yang diminati, Anda perlu bersikap realistis tentang apakah passion-mu ini benar-benar dapat dijadikan karier.

5. Lebih Peka Dengan Perasaan

Banyak orang yang tidak peka dengan perasaan yang mereka miliki dalam hati. Terutama jika menyangkut karir dan pekerjaan yang dijalani. Sehingga secara tidak sadar hal ini membuat perasaan menjadi datar dan tidak ada rasa antusias yang tinggi pada pekerjaan. Memilih untuk mendengarkan suara hati dan perasaan dapat membuat Anda menyadari dimana passion Anda sesungguhnya. Oleh sebab itu cobalah untuk lebih sensitif dan memikirkan apakah semua yang sedang Anda kerjakan merupakan hal yang Anda sukai atau tidak.

Sekian artikel tentang tips menemukan passion untuk karir. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 5 Hal Membuat Anda Pantas Dapat Promosi Karir


Editor: Theo Adi -

     

TAG :

Komentar