Apa Tantangan Yang Dihadapi Pekerja Freelance?
Siker.id | 24 Dec 2021 20:15


Bagikan ke
Tantangan yang dihadapi pekerja freelance. (siker)

siker.id - Di zaman sekarang teknologi digital berkembang pesat, pekerjaan yang muncul pun juga semakin beragam. Salah satu jenis pekerjaan yang saat ini cukup digandrungi oleh para millenial adalah freelancer, yaitu menjadi seorang pekerja lepas tanpa terikat dengan perusahaan tertentu. Meskipun terdengar mudah karena dapat menjalani suatu project atau pekerjaan kapanpun dan di manapun, nyatanya menjadi seorang freelancer juga memiliki tantangan tersendiri, lho. Jika tidak cermat, bisa saja Anda malah tidak menghasilkan apa-apa. Berikut tantangan yang dihadapi pekerja freelance.

Baca juga: Berikut Daftar Pekerjaan Freelance Yang Dicari Orang

1. PENDAPATAN YANG TIDAK STABIL

Namanya juga pekerja lepas dan tidak terikat oleh apapun, pemasukan Anda pun juga jadi tidak terikat dan tidak tetap setiap bulannya. Tidak hanya musim, tapi freelancer juga mengalami paceklik alias waktu-waktu di mana mereka sepi klien atau project untuk dikerjakan. Nah, untuk Anda yang memiliki niat untuk menjadi freelancer setelah resign dari pekerjaan lama dengan gaji yang cukup tinggi, hal ini perlu Anda pertimbangkan kembali dengan matang agar tidak kaget dan juga stress karena keuangan yang tidak stabil di awal-awal waktu menjadi freelancer.

2. INVOICE YANG LAMA TURUN

Berbeda halnya dengan menjadi pekerja tetap atau paruh waktu untuk sebuah perusahaan, para freelance seringkali menghadapi situasi di mana invoice yang lama turun. Kalau gaji para karyawan selalu turun tepat waktu saat akhir bulan, terkadang karena project yang tidak beraturan, invoice untuk freelancer membutuhkan waktu yang lama untuk turun karena proses pembayaran dan keuangan yang cukup rumit hingga ke tangan bagian keuangan.

3. Sering dipandang sebelah mata oleh orang-orang sekitar

Meskipun zaman sudah mengalami perubahan, namun nyatanya juga masih banyak masyarakat yang terjebak dalam anggapan kolot. Dalam pandangan mereka, seseorang yang bekerja harus memakai seragam rapi, memiliki tempat kerja yang jelas, serta berangkat pada pagi hari dan pulang pada sore hari. Ketika Anda menjadi seorang freelancer, jangan terkejut ketika mendapat pandangan aneh bahkan dianggap sebelah mata oleh sebagian orang. Bagi mereka, pekerjaanmu adalah hal yang tidak jelas.

Baca juga: Bagaimana Payung Hukum Terkait Pekerja Freelance?

4. Mengalami kebosanan

Menjalani pekerjaan sebagai seorang freelancer memang berbeda dengan jenis pekerjaan full time maupun paruh waktu yang biasa orang-orang jalani. Menjadi seorang freelancer, adakalanya Anda akan sepi project dan adakalanya Anda harus mengerjakan beberapa project dalam satu waktu yang bersamaan. Salah satu tantangan yang sering dihadapi oleh Anda yang menjalani pekerjaan sebagai seorang freelancer adalah terjebak dalam kebosanan. Ketika sepi project, Anda akan jenuh karena tidak memiliki aktivitas.

5. Persaingan yang semakin ketat

Menjalani pekerjaan sebagai seorang freelancer memang menggiurkan bagi kalangan millenial, entah itu sebagai pekerjaan utama maupun untuk pekerjaan sampingan. Anda bebas menentukan seberapa banyak project yang Anda ambil serta memilih project apa yang bisa Anda kerjakan. Namun demikian, hal itu juga tidak semudah kelihatannya, lho. Walaupun bebas menentukan dan memilih project yang dikehendaki, namun persaingan juga semakin ketat sehingga Anda harus selalu mengasah kemampuan diri.

Sekian artikel tentang tantangan pekerja freelance. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Yuk! Kenali Jenis Pekerjaan Freelance


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar