icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Kelebihan Sistem Kerja Hybrid
Siker.id | 23 Dec 2021 19:15


Bagikan ke
Kelebihan sistem kerja hybrid. (siker)

siker.id - Pandemi akibat virus Covid-19 telah mengubah banyak hal dalam kehidupan, termasuk cara bekerja. Jika dulu karyawan bekerja dari pagi hingga sore di kantor, kini terdapat era baru yang disebut dengan hybrid working. Sejak kemunculan virus Covid-19 semua orang diharuskan untuk menjaga jarak guna mengurangi risiko penularan. Hal itu pun membuat banyak perusahaan yang akhirnya menerapkan WFH (Work from Home) atau bekerja dari rumah. Konsep hybrid working pun diprediksi oleh banyak ahli akan semakin populer hingga beberapa tahun ke depan. Berikut ini kelebihan system kerja hybrid!

Baca juga: Berikut 6 Situs Untuk Pencari Kerja

1. Mendorong Produktivitas

Model kerja hybrid menawarkan fleksibilitas dalam bekerja. Sehingga karyawan dapat memanfaatkan waktu mereka dengan lebih baik. Dengan begitu produktivitas kerja pun akan meningkat. Sebut saja karyawan yang perlu ketenangan dan fokus, mereka bisa bebas mencari tempat kerja yang sesuai untuk bekerja lebih maksimal dan efektif.

2. Meningkatkan Kepuasan Karyawan

Kebebasan dinilai menjadi kunci utama kepuasan karyawan. Dengan memberikan kebebasan penuh kepada karyawan untuk bekerja tentu akan membuat kepuasan mereka meningkat. Sebagian orang mungkin merasa senang saat bekerja remote. Sebab mereka punya kendali penuh atas jadwal dan aktivitas bekerja. Namun, ada juga karyawan yang justru merasa kesepian saat harus bekerja fully remote. Di sini lah peran sistem kerja hybrid diperlukan untuk mengakomodir keinginan karyawan atau pekerja.

3. Waktu Lebih untuk Meningkatkan Skill

Sistem kerja hybrid atau hybrid working mendorong efisiensi waktu dalam bekerja. Misalnya saat work from home (WFH), karyawan tidak perlu bepergian dan menghabiskan waktu mereka di jalan menuju kantor dan kembali ke rumah. Dengan kata lain, mereka punya waktu luang lebih banyak yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan lain yang bermanfaat. Misalnya untuk mengikuti pelatihan guna meningkatkan.

Baca juga: Bagaimana Cara Membangkitkan Lagi Motivasi Kerja?

4. Meningkatkan Kesejahteraan Karyawan

Selain jam kerja yang lebih fleksibel, kesejahteraan karyawan juga bisa meningkat dengan menerapkan hybrid working. Kesempatan bagi karyawan untuk bekerja dari rumah dapat membantu mereka dalam meningkatkan kesejahteraannya dan memiliki work life balance. Saat kesejahteraan karyawan tercukupi tentunya mereka akan lebih produktif sehingga bisa bermanfaat baik bagi perusahaan.

5. Mengurangi Biaya Operasional Kantor

Biaya operasional perusahaan juga akan lebih sedikit jika menerapkan hybrid working karena tidak semua karyawan harus datang ke kantor. Hal yang satu ini tentunya sangat bermanfaat bagi perusahaan yang baru merintis seperti startup yang masih belum memiliki kantor sendiri. Biaya sewa tempat, makanan ringan, hingga makan siang bisa dipangkas karena tidak semua karyawan datang ke kantor setiap hari.

Sekian artikel tentang kelebihan system kerja hybrid. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Mengapa Banyak Karyawan Betah Ditempat Kerja?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar