icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Ini Tips Kerja Cerdas di Tempat Kerja
Siker.id | 24 Dec 2021 16:00


Bagikan ke
Tips kerja cerdas di tempat kerja. (siker)

siker.id - Anda mungkin sudah akrab dengan istilah kerja keras, tapi pernahkah Anda mendengar tentang kerja cerdas? Tanpa harus menambah jam kerja ekstra, bekerja dengan cerdas berarti memusatkan fokus terhadap suatu tugas agar bisa dikerjakan dengan lebih efektif dan efisien. Kerja keras telah lama dianggap sebagai satu-satunya kunci menuju kesuksesan. Padahal, prinsip kerja cerdas juga berperan penting dalam menjaga hasil kerja tetap maksimal. Tanpanya, jam kerja tambahan yang Anda jalani hanya akan memberikan rasa lelah dan malah menurunkan produktivitas. Berikut ini tips kerja cerdas di tempat kerja.

Baca juga: Berikut Tips Menghadapi Rekan Kerja Pemalas

1. Fokus Pada Tujuan

Fokus pada apa yang ingin dicapai adalah cara agar Anda tidak mudah tergoda dengan hal-hal lainnya. Hasil pekerjaan jauh lebih maksimal jika Anda fokus saat mengerjakannya. Hindari bekerja secara multitasking walaupun hal tersebut memang bagus, tetapi bukan berarti menjadi baik untuk selalu dilakukan.

2. Buat Prioritas

Seperti yang dinyatakan diawal tadi bahwa bekerja cerdas artinya mampu menempatkan prioritas pada suatu pekerjaan. Anda dapat mulai menetapkan skala prioritas dalam setiap pekerjaan. Anda dapat melakukan pekerjaan yang sudah di prioritas terlebih dahulu dibanding memikirkan hal-hal kecil yang tidak berpengaruh besar.

3. Buat to-do-list

Agar pekerjaan lebih tertata, Anda bisa membuat to-do-list harian, mingguan, atau bahkan bulanan. Ini bisa menjadi panduan bagi anda untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai alur yang diharapkan. Jika sudah terbiasa, maka ritme kerja akan lebih baik dan bisa meminimalisasi waktu yang terbuang untuk kerja yang tidak perlu.

Baca juga: Mengapa Banyak Fresh Graduate Susah Mendapatkan Kerja?

4. Tetap Fleksibel

Membuat prioritas dan to-do-list tidak semata-mata untuk membuat anda begitu terpaku pada apa yang sudah anda rencanakan. Ingat, waktu berubah, lingkungan dan kondisi pun bersifat dinamis. Artinya, ada kemungkinan bahwa prioritas menjadi ikut berubah. Maka penting pula untuk bisa fleksibel ketika memang hal tersebut dibutuhkan.

5. Menghindari Multitasking

Alih-alih membantu Anda menyelesaikan beberapa tugas sekaligus, multiasking justru akan memecah fokus saat bekerja. Pasalnya, multitasking tidak membuat Anda menyimak beberapa hal sekaligus, tapi justru mengalihkan perhatian dengan cepat antara dua hal atau lebih. Upaya yang Anda berikan untuk menyelesaikan tugas-tugas Anda akhirnya menjadi tidak maksimal. Jadi, hindari multitasking dan fokuslah terhadap apa yang Anda kerjakan pada satu waktu.

Sekian artikel tentang tips kerja cerdas di kantor. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Ini 5 Indikator Kepuasan Kerja Karyawan


Editor: Theo Adi -

     

Komentar