icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Ini Cara Adaptasi Dalam Lingkungan Kerja Kompetitif
Siker.id | 24 Dec 2021 14:15


Bagikan ke
Cara adaptasi dalam lingkungan kerja kompetitif. (siker)

siker.id - Dunia pekerjaan identik dengan lingkungan yang kompetitif. Apalagi lingkungan di tempat kerja kerap menuntut para pekerja untuk mencapai target sesuai yang ditetapkan oleh perusahaan. Suasana kompetitif memang sangat wajar terjadi di dunia kerja, kita hanya perlu beradaptasi saja. Sebagai pekerja, apalagi yang belum memiliki banyak pengalaman, mungkin kamu akan merasa khawatir berada di lingkungan kerja kompetitif. Tak usah khawatir, berikut lima tips beradaptasi di lingkungan pekerjaan yang kompetitif. Berikut tips beradaptasi dengan lingkungan kerja kompetitif.

Baca juga: Berikut Tips Menghadapi Rekan Kerja Yang Suka Mengatur

1. Analisa Situasi Lingkungan Kerja

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan langkah demi beradaptasi di lingkungan kerja kompetitif adalah menganalisa situasi lingkungan tempat kerja kamu. Anda harus tahu betul bagaimana budaya yang dianut oleh tempat kerja Anda. Mulai dari tata cara berbicara antar karyawannya, sikap dan kebiasaan rekan kerja dan atasan, bagaimana cara berkomunikasi yang paling baik dan efektif kepada rekan kerja atau atasan. Sampai sistem birokrasi yang dimiliki oleh tempat kerja.

2. Kenali Kelebihanmu

Mengenali kelebihan diri Anda adalah hal yang penting untuk dilakukan. Di lingkungan kerja kompetitif, tentu akan ada banyak orang yang berlomba-lomba menjadi yang terbaik. Dengan banyaknya kompetitor yang bukan tidak mungkin akan menghalangi jalanmu, lebih baik kenali dengan betul apa yang bisa Anda jadikan kekuatan untuk mendorong Anda menjadi yang terbaik. Dibanding khawatir dengan apa yang orang lain lakukan, penting untuk mengenali kekuatan kamu dan memanfaatkannya dengan maksimal. Analisa diri Anda dan pikirkan kemampuan apa yang Anda miliki serta apa yang bisa Anda lakukan dengan sangat baik.

3. Kembangkan skill diri sendiri

Hal penting pertama yang harus Anda perhatikan di tengah lingkungan kerja kompetitif adalah diri sendiri. Sangatlah penting buat Anda untuk terus mengembangkan skill dan kemampuan diri. Apalagi zaman sekarang yang serba cepat, menuntut kita untuk terus berkembang menyesuaikan diri dengan perubahan. Jangan pernah lelah untuk terus mencari informasi tentang kabar terkini yang berhubungan dengan bidang pekerjaan Anda.

Baca juga: Berikut Tips Menghadapi Rekan Kerja Yang Suka Mengeluh

4. Memberi lebih dari yang diharapkan

Berada di tengah Iingkungan kerja yang kompetitif, sudah tentu Anda akan bertemu orang-orang yang selalu ingin terlihat lebih di setiap pekerjaan yang ia lakukan. Nah, Anda pun tidak boleh kalah. Bukannya lebih baik jika Anda memberi lebih kepada perusahaan, Anda ikut berkembang juga. Memang ada yang bilang bekerja seperlunya saja, karena perusahaan tidak akan benar-benar mengingat Anda. Namun, pada akhirnya semua yang kita lakukan akan kembali bermanfaat untuk diri kita sendiri.

5. Ambil inisiatif dan kesempatan

Di lingkungan yang kompetitif, Anda akan ditantang untuk dapat diingat oleh atasan juga rekan kerja. Berhentilah untuk bekerja seadanya, jadilah berani untuk mengambil inisiatif di setiap kesempatan yang ada. Jangan takut untuk terlihat berbeda karena justru inilah kesempatan Anda untuk dapat menjadi yang terbaik. Selalu berani untuk menantang diri Anda sendiri dengan mengambil kesempatan yang orang lain ragu untuk mengambilnya.

Sekian artikel tentang tips beradaptasi dalam lingkungan kerja yang kompetitif. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Bagaimana Mengatasi Rasa Iri Pada Rekan Kerja?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar