Berikut Ini Tips Mendisiplinkan Diri
Siker.id | 23 Dec 2021 17:00


Bagikan ke
Tips agar Anda bisa mendisiplinkan diri. (siker)

siker.id - Tidak ada masa depan gemilang tanpa sebuah kedisiplinan. Jadi, jika Anda ingin mendapatkan masa depan yang cerah, tak ada kata lain selain harus terus melatih kedisiplinan diri. Dengan disiplin, Anda akan tahu apa yang baik bagi hidup Anda dan apa yang harus ditinggalkan. Selain itu, Anda juga akan terbantu dalam memilih dan memilah hal-hal yang bisa mendukung mimpi Anda meraih masa depan yang cerah. Pertanyaannya, bagaimana cara meningkatkan disiplin diri? Ada banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan. Berikut ulasannya!

Baca juga: Bagaimana Menjadi Karyawan Yang Tidak Mengeluh?

1. Pahami Dampak Negatif Jika Tidak Disiplin

Memang akan susah untuk mengubah sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan, termasuk terbiasa untuk tidak disiplin. Namun, jika Anda sudah berniat ingin berubah dari ketidakdisiplinan diri, maka peganglah erat-erat niatmu itu dan tunjukkan keseriusannmu. Kemudian dukung niatmu untuk berubah itu dengan memahami dampak merugikan apa saja yang Anda dapatkan ketika menuruti keinginan untuk tidak disiplin dalam hidup. Tak hanya itu saja, tapi coba bayangkan jika dampak terberat dari ketidakdisiplinan diri itu secara nyata menimpa dirimu.

2. Pahami Dampak Positif Jika Disiplin

Selain berkenalan dengan dampak negatif dari ketidakdisiplinan diri, Anda juga perlu berkenalan dengan manfaat yang kamu peroleh jika hidupmu menerapkan kedisiplinan. Hal itu untuk menambah dukungan pada niat yang kamu pegang erat bahwa ingin berubah dari kebiasaan negatif yakni ketidakdisiplinan diri. Pahami apa saja manfaatnya yang luar biasa jika Anda telah berhasil lepas dari ketidakdisipinan diri. Lalu tak hanya memahami saja, Anda juga perlu mencoba merasakan saat manfaat dari kedisiplinan itu benar-benar dialami oleh Anda.

3. Mulai dari Hal Kecil

Ketika kita baru pertama kali mencoba untuk membangun otot disiplin diri, kita perlu memulainya perlahan-lahan. Sebenarnya sah-sah saja jika kita ingin langsung membuat perubahan yang besar dan banyak. Tapi, saya tidak menyarankan Anda untuk melakukan hal ini. Mencoba melakukan terlalu banyak hal sekaligus tidak hanya akan membuat kita kewalahan, tetapi juga menurunkan peluang untuk sukses. Akankah jauh lebih baik dengan perubahan kecil namun kita konsisten dalam melakukannya, daripada perubahan yang besar, tapi setelah seminggu kemudian kita merasa kewalahan dan meninggalkan kebiasaan baik tersebut satu per satu.

Baca juga: Mengapa Banyak Karyawan Tidak Nyaman Bekerja?

4. Jangan Tunggu Motivasi Datang

Melatih disiplin harus datang dari hati Anda sendiri. Jangan tunggu digerakkan atau mendapat motivasi. Menunggu motivasi tidak akan membuat diri Anda bisa lebih disiplin. Disiplin adalah tetap melakukan kegiatan meski Anda tidak menyukainya. Anda akan dilatih untuk mengubah sikap positif menjadi sebuah kebiasaan.

5. Makan Teratur dan Bergizi

Anda tidak akan pernah bisa melatih disiplin jika Anda tidak sendiri tidak pernah berada dalam kondisi sehat. Melatih disiplin bisa juga dimulai dengan makan secara teratur. Jangan makan dalam waktu yang berdekatan atau terlalu lama. Usahakan asupan makanan Anda selalu terjaga kandungan nutrisinya. Makan makanan bergizi akan membantu Anda meningkatkan konsentrasi dan daya ingat yang berdampak pada pendisiplinan diri.

Sekian artikel tentang tips mendisiplinkan diri. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Bagaimana Caranya Memotivasi Karyawan?


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar