Berikut Tips Menghadapi Rekan Kerja Yang Suka Mengatur
Siker.id | 20 Dec 2021 22:00


Bagikan ke
Menghadapi rekan kerja yang sukanya mengatur. (siker)

siker.id - Bekerja di dunia perkantoran memang memaksa setiap orang untuk beradaptasi dengan baik. Ketidakmampuan dalam beradaptasi justru hanya akan memberi rasa tidak nyaman selama bekerja. Meski sudah berupaya sebaik mungkin dalam beradaptasi, kadang kala ada saja hal yang menyulitkan Anda. Salah satunya adalah ketika harus bekerja dengan rekan kerja yang gemar mengantur. Jika Anda menemukan orang dengan tipe yang demikian, maka beberapa hal berikut ini dapat dilakukan untuk mengatasinya. Berikut tips menghadapi rekan kerja yang suka mengatur!

Baca juga: Berikut Ini Tanda Rekan Kerja Membencimu

1. Tetap tenang

Kalau teman kerja terus-menerus mengatur, pasti akan ada saatnya Anda ingin meledak. Akan tetapi, Anda harus tetap tenang dan fokuskan energi pada pekerjaan saja atau hal lain yang lebih penting. Tarik napas terlebih dahulu, lalu pikirkan konsekuensi dari reaksi Anda. Jangan terbawa emosi, karena bisa saja malah Anda yang jadi dipanggil oleh atasan.

2. Bertindak Seperti Anda Ingin Diperlakukan

Tips lain untuk menghadapi teman kerja super bossy dan suka mengatur adalah dengan bertindak sebagaimana Anda ingin diperlakukan. Ketika diatur ini itu padahal bukan wewenangnya, pasti Anda merasa tidak dihargai atau bahkan direndahkan. Alih-alih merespon dengan perilaku serupa, cobalah untuk respons teman tersebut dengan sopan. Kalau tidak tahan tapi juga tak ingin marah, Anda bisa coba merespons dengan nada yang asertif.

3. Tolak Perintah di Luar Pekerjaan

Tips selanjutnya adalah menolak perintah di luar pekerjaan Anda dan di luar batasan kewenangannya. Ada kalanya saat bekerja sama, Anda dan karyawan lain berhak memberikan instruksi. Jika memang dalam kondisi tersebut, Anda perlu mematuhi instruksi karyawan lain. Namun jika tidak, abaikan dan tolak instruksi atau perintah dari karyawan lain yang di luar batas kewenangannya dan tidak sesuai dengan arahan atasan. Tolak perintah tersebut dengan tetap sopan dan tanpa emosi agar tidak memicu konflik di kantor.

Baca juga: Berikut Tips Menghadapi Rekan Kerja Yang Suka Menyindir

4. Tegur Kesalahannya dengan Tegas

Jika Anda sudah melakukan dua cara di atas, tetapi rekan kerja tersebut tetap bersikap bossy, maka langkah yang perlu Anda lakukan adalah menegurnya dengan tegas. Berikan sikap dan bahasa tubuh serius tanpa emosi yang berlebihan. Hal ini akan menunjukkan bahwa Anda benar-benar memperingatkannya agar tak berlaku yang sama.

5. Jangan Mudah Terpengaruh

Setiap orang memiliki perencanaan dan pemikirannya tersendiri. Meski ada pula yang cenderung bersikap dominan dalam saling mengatur satu sama lain. Sudah menjadi suatu keharusan untuk Anda memiliki pandangan idealis mengenai pekerjaan yang dikerjakan. Hal ini akan membuat Anda tidak mudah terpengaruh oleh rekan-rekan kerja lainnya yang gemar mengatur.

Sekian artikel tentang tips menghadapi rekan kerja yang suka mengatur. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Ini 5 Indikator Kepuasan Kerja Karyawan


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar