Berikut Tips Menjadi Pemimpin Yang Baik
Siker.id | 20 Dec 2021 21:30


Bagikan ke
Menjadi seorang pemimpin yang baik itu perlu dan wajib. (siker)

siker.id - Memasuki dunia kerja, Anda harus selalu siap dengan segala kondisi yang mungkin terjadi. Termasuk kalau tiba-tiba Anda dipilih untuk menjadi pimpinan tim. Orang yang terkesan "pantas" menjadi pemimpin pun belum tentu selalu menjadi pemimpin yang baik. Begitu juga sebaliknya. Yang terpenting adalah apakah seseorang mau belajar untuk menjadi pemimpin yang baik atau tidak. Meskipun kriteria pemimpin yang baik itu terbilang relatif, karena sebaik apa pun seseorang, pasti tetap saja ada yang tidak suka. Tapi bagaimanapun, gak ada salahnya berusaha menjadi pemimpin yang baik. Berikut ini tips menjadi seorang pemimpin yang baik!

Baca juga: Berikut 5 Tanda Anda Layak Menjadi Seorang Pemimpin

1. Jalin Hubungan Pribadi

Luangkan waktu Anda untuk menjalin hubungan pribadi melalui pembicaraan face to face dengan semua orang, ini akan membuat mereka merasa penting dan dihargai. Hubungan pribadi dapat membantu Anda untuk membangun kepercayaan dan respek di antara Anda dan bawahan Anda.

2. Jadilah Dermawan

Jadikan diri Anda sebagai orang yang akan dicari oleh orang lain ketika mereka sedang membutuhkan bimbingan dan bantuan. Seorang pemimpin melakukan pendekatan dengan belajar memandu dan menjelaskan untuk hasil yang sukses.

3. Attitude yang tenang dan positif

Seorang pemimpin akan lebih dihargai jika mereka memiliki attitude yang lebih tenang dan lebih positif. Hal ini disebabkan karena attitude positif yang Anda miliki akan membantu tim Anda lebih tenang juga dalam menghadapi masalah dalam tim tersebut. Jika Anda tidak bisa memberikan rasa tenang dan membuat tim takut pada Anda, maka artinya Anda gagal menjadi pemimpin.

Baca juga: Berikut 5 Tanda Anda Belum Siap Menjadi Pemimpin

4. Mengajari bukan memerintah

“Be a leader not a boss” merupakan ungkapan yang tepat untuk menggambarkan hubungan antara atasan dan timnya. Seorang leader akan mengajari dan memimpin, memberikan contoh mengenai bagaimana sesuatu berlangsung dan diselesaikan sedangkan pemerintah akan membuat tim Anda bekerja sendiri. Di sini Anda akan kehilangan wibawa dan mungkin dianggap tidak bisa apa-apa oleh tim Anda.

5. Jadilah flexibel dan selalu peduli

Sudah menjadi tugas pemimpin untuk memastikan semua tugas terorganisir dengan baik. Tapi kalau target sudah terpenuhi, atau at least semuanya lancar dan terkendali, maka tidak ada salahnya memberi kelonggaran pada anggota timmu. Beri ruang untuk bernafas. Semisal survey lokasi sambil jalan-jalan. Meeting sekalian makan bersama. Ataupun tidak selalu memberikan tugas terus menerus ketika tugas seharusnya tugas mereka sudah selesai.

Sekian artikel tentang tips menjadi pemimpin yang baik. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Jadi Seorang Pemimpin Wajib Punya Karakter Ini


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar